Asal Usul Bakso, Ternyata Punya Kisah Menyentuh dari Kasih Sayang Seorang Anak pada Ibunya

Reporter : Nasa
Jumat, 3 Juli 2020 12:35
Asal Usul Bakso, Ternyata Punya Kisah Menyentuh dari Kasih Sayang Seorang Anak pada Ibunya
Jadi makanan favorit masyarakat Indonesia, bakso nyatanya sudah ada sejak masa Dinasti Ming loh.

Bakso adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat. Di pulau Jawa, Bakso adalah makanan yang lazim ditemui di berbagai kawasan.

Saking digemarinya, mulai dari pedagang pinggir jalan, restoran, sampai dengan hotel bintang lima, semuanya lazim menyajikan bakso. Menariknya, semua pasti laku habis diserbu masyarakat.

Tapi tahu gak sih kamu? sebelum menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia, bakso adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari negeri tirai bambu Cina atau yang juga disebut sebagai Tiongkok.

1 dari 4 halaman

Asal Usul Bakso © Diadona

2 dari 4 halaman

Kisah Kasih Sayang Seorang Anak pada Ibunya

Meski sudah menjadi kuliner yang sangat lazim ditemui di Indonesia, nyatanya, belum banyak yang tahu soal sejarah atau pun sejarah bakso. Bisa dibilang, bakso ini masakan oriental yang kemudian diadaptasi dengan cita rasa Nusantara.

Menyadur dari laman The Epoch Times, bakso kabarnya tercipta dari kisah menyentuh dari kasih sayang seorang anak pada ibunya yang dikisahkan terjadi pada masa Dinasti Ming (1368-1644) di Cina.

Jadi ceritanya, ada seorang pria bernama Meng Bo yang tinggal di sebuah desa kecil yang berada di pinggir pantai. Ketika itu, yang diperkirakan pada awal abad 17 masehi, Meng Bo tinggal bersama ibunya, Fuzho.

Meng Bo ketika itu membuatkan masakan dari daging untuk ibunya. Tapi karena sudah renta, sang ibu sudah tak bisa mengunyah daging. Berkat kendala tersebut, Meng Bo akhirnya memutar otak, agar ibunya tetap bisa mengonsumsi daging.

3 dari 4 halaman

Tiba-tiba, Meng Bo teringat dengan makanan sejenis mochi yang diolah dengan cara ditumbuk sampai halus. Meng Bo lalu mencoba membuat daging yang diolah seperti teknik pembuatan mochi.

Daging yang sudah ditumbuknya sampai halus, kemudian dibentuk bulat-bulat. Lalu dimakan dengan kuah kaldu, yang ternyata sangat disukai oleh keluarganya.

Cerita Meng Bo yang membuat makanan lezat dari daging yang ditumbuk ternyata cepat menyebar hingga penjuru kota. Sampai banyak orang berbondong-bondong datang ke kediaman Meng Bo untuk mengetahui resepnya.

Sejak saat itu, bakso menjadi kuliner turun-temurun masyarakat Cina. Kemudian sampai ke wilayah Nusantara, berkat kaum imigran asal Cina.

4 dari 4 halaman

Bakso Nusantara Pakai Daging Sapi Hingga Ikan

Asal Usul Bakso © Diadona

Sebenarnya, kisah Meng Bo yang menciptakan bakso, adalah menggunakan daging babi. Namun, karena masyarakat Nusantara mayoritas adalah muslim, bakso kemudian dikreasikan menggunakan daging sapi, ayam, hingga ikan.

Hingga kini, banyak sekali jenis bakso yang bisa ditemui di Indonesia. Ada yang menyebut, kalau kuliner bakso di Indonesia sangat pesat perkembangannya, lantaran banyak ditemui pada di kawasan multikulturalisme,

Saat ini, di Indonesia bakso yang paling terkenal adalah bakso Solo hingga Bakso Malang. Lazimnya, bakso di Indonesia berisi pentol bakso, tahu putih atau tahu goreng, mie kuning, mie bihun, siomay, sawi, hingga pangsit goreng.

Namun belakangan varian bakso sangat beragam. Mulai dari bakso keju, bakso raksasa, bakso beranak, bakso balungan, bakso iga, dan lain sebagainya. Nah itu dia loh sejarah bakso sampai bisa jadi kuliner favorit Indonesia.

Jadi, bakso favoritmu yang kayak gimana? Jangan lupa sampaikan tanggapanmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar