Asal-Usul Chicken Nugget yang Menjadi Menu Populer McDonald's

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 25 Juni 2020 11:00
Asal-Usul Chicken Nugget yang Menjadi Menu Populer McDonald's
Nugget ayam enak nih!

Chicken nugget atau nugget ayam adalah satu dari sekian banyak makanan cepat saji yang sudah sangat populer hampir di seluruh penjuru bumi. Makanan yang berbahan dasar daging ayam ini menjadi favorit masyarakat karena memiliki sangat mudah dibuat dan juga dimasak.

Ya karena nugget ayam tidak turun begitu saja dari langit, makanan ini ternyata memiliki asal-usul yang cukup panjang loh. Jauh sebelum dipopulerkan oleh McD, nugget ayam memiliki catatan historis panjang.

1 dari 4 halaman

Nama awalnya bukan Chicken Nugget

Ilustrasi Nugget Ayam © Diadona


Nah kalau ini pasti ada beberapa dari kalian yang belum tahu. Ternyata makanan cepat saji ini dulunya nggak bernama chicken nugget loh.

Menyadur keterangan dari time.com, profesor Baker menamai formula masakaknnya dengan Chicken Crispie. Namun, ketika formulanya bisa membuat adonan dan juga ayamnya tetap menyatu ketika digoreng, Baker menamainya dengan Chicken Stick.

2 dari 4 halaman

Diciptakan oleh profesor


Bukan diciptakan oleh seorang juru masak, nugget ayam ternyata diciptakan oleh seorang professor loh. Penciptanya adalah Robert Carl Baker, profesor ilmu pangan dan ilmu unggas Universitas Cornell, New York.

dilasir dari laman salte.com, profesor bersama mahasiswanya yang bernama Joseph bereksperimen membuat olahan ayam yang dibalut dengan tepung dan dimasak dengan cara di goreng.

mengambil keterangan dari liputan6.co, ternyata profesor tersebut tidak hanya membuat formula nugget ayam. Ia juga membuat formula lain seperti sosis ayam, roti ayam, ayam bologna, hot dog ayam, dan sejumlah produk baru lainnya.

3 dari 4 halaman

Dipopulerkan oleh McDonald's

Chicken Nugget © Diadona


Berdasarkan keterangan dari foodimentary.com, pada tahun 1983 McDonald's menjadikan nugget ayam sebagai akternatif dari daging sapi. tentunya juga sama-sama menyehatkan. Gerai makanan cepat saji dari Amerika ini menamai menunga dengan Chicken McNuggets.

Nah, itu lah ringkasan singkat asal-usul nugget ayam yang sekarang sudah menjadi makananfavorit kita semua. Ngga semua sih ada juga yang nggak suka kok hehe

Beri Komentar