Begini bentuk Jamur Lobster yang Langka dan Unik, Tertarik Mencobanya?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 14 Oktober 2020 18:20
Begini bentuk Jamur Lobster yang Langka dan Unik, Tertarik Mencobanya?
Tidak hanya bentuknya, jamur ini juga punya aroma yang mirip dengan seafood.

Jamur adalah tanaman yang dikenal sebagai parasit. Tumbuh di tempat yang lembab, beberapa jamur memang ada yang bisa dimakan, namun ada juga yang beracun.

Beberapa jamur yang langka juga terkenal dengan harganya yang mahal dan khasiatnya yang banyak. Salah satunya adalah truffle. Truffle adalah salah satu jenis jamur yang langka dan memiliki harga selangit.

Namun, kali ini kita nggak akan membahas tentang truffle. Kita akan membahas jamur unik yang lainnya. Yakni jamur Lobster. Ya, nama jamur lobster diberikan karena bentuknya yang mirip dengan hewan laut lobster. Seperti apa sih jamur yang satu ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Jamur Lobster

Jamur Lobster © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, Jamur Lobster atau Lobster Mushroom memiliki nama latin Hypomyces Lactifluorum.

Uniknya, jamur ini adalah parasit yang tumbuh pada spesies jamur tertentu. Parasit ini menciptakan sebuah organisme yang berbeda dalam hal aroma, rasa dan tampilan.

Setelah jamur diserang oleh jamur, maka jamur ini akan memiliki kulit luar berwarna oranye cerah dengan bagian dalam masih berwarna putih. Hal inilah yang membuat jamur ini berbentuk seperti lobster yang sudah masak.

2 dari 2 halaman

Langka

Sup Jamur Lobster © Diadona

Tidak hanya tampilannya saja, ternyata jamur lobster juga punya aroma seperti seafood saat dimasak. Sayangnya, parasit ini tak mudah ditemukan di semua tempat. Jamur parasit ini hanya tumbuh pada jamur Lactarius dan Russulas, yang biasa ditemukan di hutan tua di Amerika Utara. Lebih tepatnya di Pasifik Barat Laut.

Aromanya yang mirip dengan seafood saat dimasak membuatnya cocok untuk hidangan seafood, pasta, ataupun sup. Namun, kamu juga bisa mengolahnya dengna cara menggoreng atau menumis.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar