Begini Cara Mengatasi Sensasi Pedas di Mulut Setelah Makan Cabai

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 16 Februari 2021 16:20
Begini Cara Mengatasi Sensasi Pedas di Mulut Setelah Makan Cabai
Beberapa bahan ini ampuh untuk menghilangkan sensasi pedas di mulut setelah makan cabai.

Siapa nih pecinta makanan pedas? Bagi kamu yang suka banget makanan pedas, pasti udah gak asing lagi nih sama yang namanya cabai.

Dengan cabai, kamu bisa membuat berbagai macam olahan makanan pedas seperti sambal dan lain sebagainya.

Nah, makanan pedas ini akan menimbulkan sensasi rasa pedas yang luar biasa di mulut dan lidah. Respon pertama yang kita lakukan jika mengalami rasa pedas adalah minum air sebanyak-banyaknya. Padahal, cara ini bisa dibilang kurang ampuh untuk menghilangkan rasa pedas.

Lalu, gimana ya caranya agar kita bisa menghilangkan rasa pedas dengan cepat setelah makan makanan yang pedas? Melansir dari berbagai macam sumber, berikut ullasannya!

1 dari 6 halaman

1. Minum Air Hangat

Ilustrasi Air Panas © Diadona

Meminum minuman dingin mungkin akan melegakan di awal, namun, rasa pedas taka akan cepat hilang. Kamu bisa minum air hangat. Meskipun awalnya terasa perih, namun air hangat lebih cepat mengurangi rasa pedas di idah ketimbang air dingin.

2 dari 6 halaman

2. Minum Susu

Ilustrasi Susu © Diadona

Mengutip dari kompas, melansir dari buku Health Secret of Pepper (2012 oleh Lanny Lingga, Ph.D, Susu diketahui mengandung protein casein yang efektif menghilangkan sensasi pedas akibad dari capsaicin pada cabai. Casein bekerja sebagai pelarut yang baik terhadap capsaicin, sehingga efektif untuk menghilangkan pedas.

Susu segar lebihefektif ketimbang susu bubuk.

3 dari 6 halaman

3. Kunyah Nasi atau Roti

Ilustrasi Roti © Diadona

Melansir dari Buku Pintar Ibu Rumah Tangga, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pedas adalah dengan mengunyah makanan yang mengandung zat tepung, seperti sekepal nasi atau sepotong roti tawar.

Roti atau nasi bisa menetralisir alkaloid alamiah pada capsaicin, sehingga rasa pedas bisa berkurang.

4 dari 6 halaman

4. Minum Minuman Asam

Ilustrasi Lemon © Diadona

Melansir buku Selera Pedas Paling Diminati, air jeruk, lemon, atau jus tomat ampuh menghilangkan pedas dengan cepat karena rasa asam yang dihasilkan bisa menghilangkan capsaicin dari cabai.

5 dari 6 halaman

5. Makan Gula atau Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Melansir buku 1001 Makanan Sehat, makan satu sendok gula bisa menghilangkan sensasi pedas di lidah dengan cepat. Gula berganulasi dan juga madu bisa mengurangi sensasi panas di lidah. Gula juga bisa menyerap minyak pedas.

Tapi jangan kebanyakan gulanya, ya. Kalau kebanyakan malah jadinya diabetes nih, diazens.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar