Berani Coba Hongeo? Makanan Khas Korea Selatan yang Baunya Mirip WC Umum!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 21 September 2020 17:20
Berani Coba Hongeo? Makanan Khas Korea Selatan yang Baunya Mirip WC Umum!
Makanan ini bahkan bisa bikin kamu memuntahkannya lagi ketika masuk ke dalam mulutmu.

Korea Selatan memang terkenal memiliki kuliner unik yang selalu memikat para penggemarnya. Sering tampil di drama-drama Korea, kepopuleran kuliner Korea Selatan nampaknya sudah masuk di Indonesia.

Beberapa kuliner Korea yang udah ngehits di Indonesia antara lain Kimchi, Ramyun, Kimbab, dan lain sebagainya.

Nah, kamu ngaku pecinta Korea dan udah nyobain semua kulinernya? Udah nyobain belum kuliner yang satu ini? Namanya adalah Hongeo. Kuliner ini termasuk kuliner yang unik dan ekstrem. Pasalnya, kuliner khas negeri gingseng ini punya aroma seperti WC umum.

Waduh, seperti apa ya rasanya?

1 dari 2 halaman

Hongeo

Hongeo © Diadona

Melansir dari Oddity Central, Hongeo merupakan hidangan Korea Selatan yang cukup aneh. Yang membuatnya aneh adalah karena aromanya yang sangat menyengat. Bahkan, beberapa orang menyebutkan aromanya adalah campuran dari toilet umum dan cucian basah yang dibiarkan selama berhari-hari.

Hongeo sejatinya terbuat dari Skate, yakni jenis Ikan Pari yang tinggal di bawah. Karena baunya yang cukup menyengat, umumnya orang sangat tidak suka dengan makanan ini. Bahkan orang Korea Selatan enggan untuk mendekatinya apalagi memasukkannya ke dalam mulut.

Hongeo © Diadona

Saking menyengatnya bau yang ditimbulkan dari Hongeo, baunya cenderung akan bertahan di mulut bahkan di pakaian yang kamu kenakan.

Adapun restoran khusus yang memang menyediakan menu Hongeo memberikan fasilitas khusus ketika menyajikan Hongeo. Restoran Khusus Hongeo akan menyarnkan pelanggan untuk menyegel jaket mereka di kantong plastik saat mau makan. Kemudian, sebelum pergi, para pengunjung akan disemprot pengharum.

2 dari 2 halaman

Asal Bau Hongeo

Hongeo © Diadona

Memiliki aroma yang cukup tajam, ternyata hal ini karena ikan skate punya cara yang unik ketika membuang kotoran. Ikan skate tidak kencing seperti hewan lain. Ikan skate akan mengeluarkan air seni melalui kulitnya. Dan itulah bahan yang direndam oleh koki Hongeo selama sebulan.

Ternyata, ada cara khusus agar kamu bisa menikmati Hongeo ini. Masih melansir dari Oddity Central, Sue Ahn, seorang jurnalis makanan asal Korea Selatan mengatakan, untuk memakan makanan ini, kamu harus mengangkat Hongeo, bernapas melalui mulut, lalu keluar dari hidung. Setelah itu, kamu bisa langsung memakannya. Sensasi yang dihasilkan ketika ketika menyantapnya adalah adanya rasa mint di bagian belakang tenggorokan yang bisa bikin ketagihan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencicipinya?

Beri Komentar