Biar Gak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Buah Avokad yang Siap Konsumsi

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 26 Februari 2021 16:20
Biar Gak Salah Pilih, Ini Tips Memilih Buah Avokad yang Siap Konsumsi
Seringkali kita salah pilih buah avokad seihngga kita mendapati buah yang belum matang, atau malah udah terlalu matang. Nah, biar ga salah pilih. Yuk simak tipsnya!

Buah avokad merupakan buah yang cukup digemari oleh semua kalangan. Selain langsung dikonsumsi, avokad juga kerap disantap sebagai jus buah. Bahkan, avokad biasanya juga disajikan bersama salad.

Nah, seringkali saat kita memilih avokad di supermarket, kita mendapati buah avokad masih belum matang. Atau bahkan avokad telah busuk sesampainya di rumah. Cukup disayangkan ya, diazens?

Karena itu, diadona.id mau berbagi tips nih gimana cara memilih buah avokad yang udah siap konsumsi. Gimana caranya? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 5 halaman

1. Cek Batang Avokad

Ilustrasi Buah Avokad © Diadona

Saat membelin avokad di supermarket, cek dulu bagian dalamnya. Ciri avokad yang matang dan siap konsumsi, batangnya berwarna hijau tua. Jika batang avokad berwarna cokelat, berarti avokad udah terlalu matang.

Nah, kalau batang avokad masih berwarna hijau terang, berarti buah avokad masih belum matang.

2 dari 5 halaman

2. Perhatikan Warna Kulit Avokad

Ilustrasi Buah Avokad © Diadona

Cara memilih buah Avokad yang matang adalah dengan memerhatikan warna kulitnya. Pilihlah avokad yang berwarna hijau tua atau bahkan mendekati warna kehitaman. Jika avokad masih berwarna hijau terang, berarti buah avokad masih belum makan.

3 dari 5 halaman

3. Raba Tekstur Avokad

Ilustrasi Buah Avokad © Diadona

Selain memerhatikan warna, kamu juga bisa meraba buah avokad. Perhatikan teksturnya. Jika teksturnya kasar, avokad sudah matang dan siap santap.

Namun, kalau masih halus, berarti avokad masih belum matang sempurna.

4 dari 5 halaman

4. Periksa Kelunakan Daging Avokad

Avokad © Diadona

Tekan secara lembut permukaan buah Avokad menggunakan telapak tangan. Ciri avokad yang matang biasanya terasa empuk atau lunak saat ditekan.

Nah, perlu diperhatikan, jika sudah terdapat cekungan pada daging buah sebelum menggenggam, berarti kemungkinan besar buah avokad sudah terlalu matang atau cenderung busuk.

Beri Komentar