Bikin Kantong Kering, 3 Sayuran Termahal di Dunia ini Harganya Capai Rp43 Juta Perkilogram

Reporter : Kurnia
Senin, 20 Desember 2021 09:59
Bikin Kantong Kering, 3 Sayuran Termahal di Dunia ini Harganya Capai Rp43 Juta Perkilogram
Ada asparagus, kentang, sampai jamur

Berapa sih harga sayuran atau bahan dapur termahal yang pernah Daizens beli selama ini? Daging berharga ratusan ribu, sayur puluhan ribu, atau cabai rawit yang harganya mencapai Rp200 ribu?

Umumnya, sayuran di Indonesia memiliki harga yang stabil. Biasanya dibandrol dengan harga puluhan atau ratusan ribu, beberapa jenis sayuran berikut ini justru memiliki harga yang fantastis bahkan mencapai puluhan juta rupiah perkilogramnya loh.

Bikin kantong meringis sampai dompet jebol, jenis sayuran berikut ini dibandrol dengan harga puluhan juta perkilogramnya. Apa saja?

1 dari 4 halaman

White Truffle

Bukan biasa, jenis jamur ini bisa bikin kantong jebol karena harganya yang selangit. White truffle adalah jenis jamur paling mahal di dunia dengan harga bisa mencapai USD 3000, setara dengan Rp43 juta per kilogram.

Bikin kantong makin kering, dibalik harga white truffle yang selangit rupanya jenis sayuran ini hanya tumbuh di beberapa wilayah di Italia dan Kroasia. Tumbuhnya juga di bawah tanah sehingga butuh bantuan anjing pengendus untuk menemukan lokasi white truffle.

2 dari 4 halaman

Hop asparagus

Bukan asparagus pada umumnya. Bentuk sayuran ini seperti asparagus, namun sebenarnya masuk dalam keluarga cannabis yang menjadi salah satu jenis sayuran termahal di dunia. Bagaimana tidak? Di Belgia dan Belanda, hop shoots ini dibandrol dengan harga mencapai 1000 euro atau sekitar Rp 16,2 juta per kilogram. Nangis nggak tuh beli sayuran seharga motor?

Hop shoots membutuhkan proses perawatan yang agak rumit dan harus dipetik langsung dengan tangan. Bentuknya yang sangat kecil biasanya dimanfaatkan untuk proses fermentasi. Bunganya juga dipakai sebagai zat penstabil dalam pembuatan bir dan juga dapat menambah aroma atau rasa pahit pada minuman beralkohol.

3 dari 4 halaman

Kentang La Bonnotte

Berapa harga kentang termahal yang pernah Daizens beli di rumah? Dijual dengan harga murah, kentang di Indonesia tidak memiliki spesifikasi khusus untuk membuatnya ditawar dengan harga fantatis. Namun beda halnya dengan kentang La Bonnotte yang harganya mencapai 500 euro atau setara dengan Rp8,1 juta per kilogram.

Bikin kantong benar-benar jebol, rupanya jenis kentang ini hanya ditanam di sebuah pulau kecil di Prancis. Tanah di pulau ini terkenal kaya mineral sehingga memberikan rasa kentang yang berbeda. Seperti dikutip dari laman food.detik.com menu makanan yang terbuat dari jenis kentang ini hanya tersedia di restoran-restoran fine dining.

Beri Komentar