Bikin Kembang Kol Goreng Ala Korea, Yuk! Begini Resepnya

Reporter : Kurnia
Sabtu, 25 September 2021 13:32
Bikin Kembang Kol Goreng Ala Korea, Yuk! Begini Resepnya
Korean Fried Cauliflower yang nikmat

Korean Fried Cauliflower alias kembang kol goreng ala Korea ini selalu berhasil membubat mata terpana dan segera ingin mencicipinya.

Kembang kol dengan taburan saus manis dan berapi-api yang dibuat dengan gochujang akan menyajikan rasa nikmat berbeda yang bakal menggoyang setiap lidah para foodies.

 

1 dari 5 halaman

Gak perlu jauh-jauh ke Korea, kamu bisa menikmatinya dengan membuatnya sendiri di rumah. Sambiil menemani kamu nonton drama Korea, kembang kol goreng ini bakal buat kamu berasa di Korea lho.

Well, langsung saja intip resep dan ikuti cara membuatnya, yuk!

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan:

2 sdm gochujang

2/3 cangkir gula pasir

6 siung bawang putih

2 sdm mirin

2 sdm yuzu kosho merah

1 cangkir adonan tempura

1 kuning telur besar

1 cangkir tepung gandum

2/3 cangkir tepung kentang

1 kembang kol pesar dipotong

Minyak canola

Biji wijen panggan dengan irisan jeruk nipis

3 dari 5 halaman

Cara Membuat:

1. Dalam blender, gabungkan gochujang dengan gula, bawang putih, dan mirin. Tambahkan 1 gelas air dan blender hingga halus. Tambahkan yuzu kosho dan 1 cangkir air dan nadi untuk digabungkan. 

2. Pindahkan campuran ke panci sedang dan didihkan. Didihkan dengan api sedang, aduk sesekali, sampai saus berkurang menjadi 11/2 cangkir, sekitar 15 menit. Pindahkan saus gochujang ke mangkuk besar dan biarkan dingin.

3. Sementara itu, dalam mangkuk besar, kocok tepung tempura dengan kuning telur dan 1 gelas air es sampai rata. Tambahkan tepung terigu, tepung kentang dan 1 cangkir ditambah 2 sendok makan air es dan aduk hingga rata; konsistensinya harus seperti adonan pancake tipis. Tambahkan kembang kol, aduk hingga rata.

4. Dalam panci besar, panaskan 2 inci minyak canola. Angkat kuntum kembang kol dari adonan, biarkan kelebihannya menetes kembali ke dalam mangkuk. 

5. Goreng kembang kol, aduk sesekali, sampai lapisannya berwarna keemasan dan kuntumnya empuk tetapi tidak lunak, 6 menit. 

6. Tiriskan kembang kol di atas tisu dan segera tambahkan ke saus; melemparkan untuk melapisi. Menggunakan sendok berlubang, pindahkan kembang kol ke piring. Ulangi dengan sisa kembang kol. 

7. Sajikan setiap batch saat selesai dimasak. Taburi dengan biji wijen dan sajikan dengan irisan jeruk nipis.

4 dari 5 halaman

Catatan:

Gochujang adalah pasta cabai pedas khas Korea. 

Yuzu kosho merah adalah bumbu Jepang yang dibuat dengan yuzu, cabai merah, dan garam. 

Campuran adonan tempura, seperti Nisshin, adalah kombinasi tepung lembut, biasanya mengandung gandum dan jagung.

Beri Komentar