Cara Membuat Abon Sapi Kering Rasa Pedas Rumahan yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 4 Mei 2020 18:17
Cara Membuat Abon Sapi Kering Rasa Pedas Rumahan yang Enak
Cara membuat abon sapi dengan tektur kering dan pedas ini sangatlah udah. Bisa menjadi masakan rumahan yang enak nih Moms. Yuk, jangan lewatkan! Simak resepnya berikut ini.

Cara membuat abon sapi dengan tektur kering ini sangatlah mudah Moms. Moms hanya perlu merebus daging sapi dengan bahan rempah seperti serai, daun salam, dan lengkuas. Nah, fungsi bahan rempah ini adalah untuk menghilangkan bau anyir dari dagingnya Moms.

Abon sapi sendiri merupakan salah satu makanan yang terbuat dari daging sapi yang berserat dengan tektus kering. Umumnya, abon sapi memiliki corak warna coklat gelap dengan serat otot daging yang disuwir-suwir. Nah, abon sapi ini memiliki cita rasa enak yang khas karena diolah dengan bumbu rempah nusantara seperti kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, merica dan lain sebagainya.

Setelah abon sapi selesai dibuat, Moms bisa menggorengnya lagi dalam minyak panas hingga kering. Abon sapi ini bisa disimpan dalam waktu lama di dalam wadah tertutup. Cocok banget nih Moms dijadikam menu makan saat berbuka dan sahur.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat abon sapi kering, pedas, dan enak yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Abon Daging Sapi

Cara Membuat Abon Sapi © Diadona

Cara membuat abon sapi bisa dibilang cukup mudah Moms. Dengan bahan dasar daging sapi yang direbus bersama rempah, kemudian disuwir dan dimasak dengan bahan bumbu halus hingga kering. Abon daging sapi ini memiliki cita rasa enak dengan bumbu yang kuat, Moms. Langsung saja simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan cara membuat abon sapi:
- 500 gram daging sapi kualitas bagus tanpa lemak
- 2 batang serai
- 2 ruas lengkuas
- 4 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- 3 sdt gula merah
- 1 sdt garam
- 500 ml santan
- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 cm jahe
- 1 sdt ketumbar yang telah disangrai

Cara Membuat abon daging sapi:

a. Masak air bersama bahan daging sapi, serai, daun salam, dan lengkuas hingga daging lunak dan empuk. Tiriskan daging hingga air asat lalu diamkan sampai dingin. Suwir daging lalu sisihkan dulu.

b. Masukkan sedikit minyak dalam wajan dan tunggu hingga panas. Masukkan bahan bumbu halus lalu tumis bersama daun jeruk. Aduk dan oseng-oseng hingga harum.

c. Tuangkan bahan santan dan daging yang telah disuwir tadi. Beri garam dan gula merah lalu aduk rata. Masak hingga kuah berkurang dan habis serta daging mengering. Aduk-aduk terus selama proses memasak ini agar bahan tidak gosong dan benar-benar kering.

d. Panaskan minyak takaran banyak. Goreng abon hingga kering. Angkat dan tiriskan. Abon daging sapi siap disajikan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Abon Sapi Kering

Cara Membuat Abon Sapi © Diadona

Selanjutnya adalah resep cara membuat abon sapi kering yang digoreng lagi dalam minyak panas. Sajian abon sapi kering ini sangat cocok dijadikan persediaan makanan karena bisa bertahan lama di dalam wadah tertutup, Mosms. Yuk, simak langsung cara membuat abon sapi kering berikut ini.

Bahan cara membuat abon sapi kering:
- 800 gram daging sapi
- 2 batang serai
- 5 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- 100 ml santan kelapa
- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah
- 1 sdm ketumbar
- 4 butir biji kemiri
- 3 ruas jari lengkuas
- 1 ruas jari kunyit
- 1 ruas jari jahe
- 2 sdm gula merah
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdm air asam jawa
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 Ssdt merica bubuk

Cara membuat abon sapi kering:

a. Masak air hingga mendidih, masukkan daging sapi dan 1 lembar daun salam. Masak kurang lebis selama 15-30 menit hingga daging empuk.

b. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender. Bahan jahe, lengkusa, dan kunyit bisa diparut dulu. Blender semua bahan hingga halus.

c. Setelah bahan daging empuk, angkat dan potong kecil-kecil. Gepuk dengan alat ulekan supaya lebih empuk. Suwir daging perlahan hingga benar-benar halus.

d. Siapkan wajan, masukkan 2 sdm minyak dan tunggu hingga panas. Masukkan bahan bumbu halus, daun jeruk, daun salam dam serai yang telah digeprek. Masak bahan hingga harum.

e. Masukkan bahan santan dan masak hingga mengental. Masukkan daging suwir, aduk-aduk bahan hingga airnya berkurang selama kurang lebih 15 menit lalu angkat.

f. Panaskan minyak dalam wajan menggunakan api kecil. Masukkan abon sapi dan goreng hingga kering dan berubah warna menjadi kecoklatan gelap selama 15 menit.

g. Cara membuat abon sapi kering sudah selesai. Angkat abon sapi yang sudah digoreng kering tadi. Tiriskan minyak hingga benar-benar asat. Jika diperlukan, maka gunakan sarung tangan plastik agar minyak cepat berkurang dan abon sapi benar-benar kering dari minyak.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Abon Sapi Pedas

Cara Membuat Abon Sapi © Diadona

Selain tekturnya yang kering, Moms juga bisa loh mempraktikkan resep cara membuat abon sapi pedas ini. Yap, cukup tambahkan bahan cabe rawit dalam bumbu halusnya, Moms bisa menikmati sajian abon sapi kering yang enak dan tentunya pedas setiap saat. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat abon sapi pedas berikut ini.

Bahan cara membuat abon sapi pedas:
- 1 kg daging sapi
- 50 gram bawang goreng
- 1 1/2 sdm garam
- 4 sdm gula jawa
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdm kecap manis
- 4 lembar daun jeruk purut
- 3 batang sereh
- 3 lembar daun salam
- 2 liter santan encer
- 200 ml santan kental
- 1 sdm air asam jawa
- 3 sdm minyak goreng

Bahan bumbu halus:
- 10 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 5 buah cabe rawit
- 3 sdkm ketumbar yang telah disangrai
- 3 ruas laos
- 3 ruas jahe

Cara membuat abon sapi pedas:

a. Masak bahan santan encer, daun salam, sereh dan daging hingga mendidih dan empuk. Setelah benar-benar empuk, tiriskan daging dan suwir-suwir.

b. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bahan bumbu halus hingga tercium aroma sedap.

c. Tambahkan gula, garam, air asam, kecap, daging dan cairan santal kental. Aduk-aduk bahan sambil bolak balik daging hingga mengering.

d. Beri bawang goreng dan aduk-aduk hingga bahan tercampur rata. Letakkan dalam wadah dan bolak balik hingga abon dingin.

e. Cara membuat abon sapi pedas sudah selesai. Abon sapi siap dinikmati Moms. Bisa juga disimpan dalam wadah tertutup atau toples untuk persediaan di rumah.

Moms, itulah beberapa resep mudah cara membuat abon sapi dengan tektur daging yang empuk, enak, kering dan pedas sederhana ala rumahan. Dijamin suami, anak dan anggota keluarga lainnya akan suka dan nggak bisa nolak kelezatannhya. Yuk Moms berkreasi dengan resep cara membuat abon sapi yang enak ini! Segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Beri Komentar