Cara Membuat Butter Sendiri di Rumah, Cuma Butuh 2 Bahan!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 27 November 2020 16:20
Cara Membuat Butter Sendiri di Rumah, Cuma Butuh 2 Bahan!
Butter ternyata bisa kamu bikin sendiri di rumah, lho.

Butter atau mentega adalah bahan makanan sering ditemui di dapur. Butter biasa digunakan sebagai bahan dasar membuat beragam jenis kue.

Meskipun butter cukup mudah ditemui di berbagai toko, namun, kamu juga bisa membuat butter sendiri lho di rumah. Dan, kamu cuma butuh dua bahan yaitu Heavy dan Yoghurt.

Gimana cara bikinnya? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Resep Butter

Ilustrasi Butter © Diadona

Bahan

  • 2 cup heavy cream organik
  • 2-3 cup air es, untuk mencuci butter
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm yoghurt

Cara Membuat

  1. Masukkan heavy cream dan tambah yoghurt ke dalam mangkuk atau wadah mixer listrik, campur rata. Tutup wadah menggunakan serbet bersih. Diamkan di suhu ruang selama sekitar 1 jam.
  2. Setelah didiamkan, buka serbet penutup wadah. Masukkan krim tadi ke dalam food processor atau mixer. Bila pakai mixer, bagian atasnya pakai serbet bersih supaya butter tidak menciprat. Hidupkan mixer pada kecepatan medium selama lebih kurang 8-10 menit sampai muncul cairan atau disebut juga buttermilk. Bila tak punya mixer atau food processor, gunakan stoples tertutup. Masukkan krim ke dalam stoples, tutup rapat. Kocok sampai kira-kira 20 menit atau sampai tekstur butter padat.
  3. Peras butter untuk memisahkannya dengan buttermilk, gunakan saringan atau serbet bersih. Masukkan buttermilk dalam botol tertutup dan simpan dalam kulkas.
  4. Bila sudah diperas, letakkan butter ke dalam wadah bersih. Tambahkan 1/2 cup air es dan tekan-tekan butter pakai spatula sampai buttermilk muncul kembali. Tuang buttermilk ke wadah lain. Ulangi proses tersebut sampai air yang muncul bersih. Tekstur butter pun mulai padat. Tambahkan sedikit garam. Uleni adonan pakai tangan.
  5. Masukkan butter dalam stoples tertutup atau bungkus pakai kertas roti. Simpan dalam kulkas. Butter buatan sendiri tersebut dapat awet sampai 3 minggu atau beberapa bulan bila di freezer. Dari resep ini, kamu akan menghasilkan butter dan buttermilk. Keduanya bisa digunakan untuk membuat kue, lho.

Beri Komentar