Cara Membuat Macaroon Tanpa Tepung Almond yang Mudah beserta Tips Agar Berhasil

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 16 September 2020 22:29
Cara Membuat Macaroon Tanpa Tepung Almond yang Mudah beserta Tips Agar Berhasil
Cara membuat macaroon memang susah, tapi coba deh tips dan trik yang Diadona bagiin di sini.

Cara membuat macaroon bila dilihat sekilas sih termasuk gampang ya karena hanya melibatkan pengadukan putih telur. Padahal, ada banyak trik yang kudu dipraktekkan biar macaroon nggak retak, kempes, dan keluar kaki.

Kue yang satu ini memang banyak penggemarnya. Rasanya lembut banget, kenyal trus manis dan lezat. Sayangnya, cara membuat macaroon tak semudah itu dipraktekkan, itulah kenapa harganya terbilang cukup mahal.

Yuk intip resep dan juga tips triknya!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Macaroon tanpa Tepung Almond

Cara Membuat Macaroon © Diadona

Secara umum nih, cara membuat macaroon pasti menggunakan tepung almond sebagai bahan baku utamanya. Sayangnya, tepung ini agak sulit ditemukan dan harganya relatif mahal dibanging tepung terigu. Bisa diganti nggak sih?

Menurut laman How To Cook That, nggak semudah itu, Esmeralda. Tepung almond punya kandungan lemak dan protein yang tinggi serta rendah karbohidrat. Sedangkan tepung terigu punya kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi, rendah lemak dan juga protein. Bukan subsitusi yang oke kan?

Beberapa cara membuat macaroon yang ada di internet umunnya mengganti tepung almond dengan oat instan yang mudah dan murah didapatkan. Mau mencobanya?

Bahan 

  • 2 buah putih telur
  • 100 gram tepung gula
  • 100 gram oat instan
  • 76 gula kastor

Cara Membuat Macaroon

  • Haluskan oat menggunakan blender hingga halus menyerupai tepung. Kalau perlu, haluskan hingga beberapa kali. Selanjutnya, cetak kertas baking membentuk bulatan.
  • Campur gula tepung dan tepung oat, lalu saring. Sisihkan.
  • Putih telur dimixer hingga berbusa. Secara bertahap, masukkan gula castor. Kocok outih tekur hingga soft peak dalam cara membuat macaroon ini. Seperti apa cirinya.
  • Yaitu ketika mixer dimatikan dan diangkat, maka putih telur bakalan membentuk kerucut tumpul atau yang sering disebut sebagai jambul petruk. Ciri lainnya bisa didapat dengan memiringkan wadah putih telur. Jangan takut tumpah, karena putih telur yang sudah soft peak nggak bakalan terjatuh kok.
  • Masukkan pewarna makanan, aduk sampai rata.
  • Mencapurkan putih telur dan adonan tepung dalam cara membuat macaroon juga perlu cara khusus lho. Pertama, ambil sedikit adonan putih telur, lalu masukkan ke dalam campuran tepung. Aduk hingga rata. Bila sudah tercampur, masukkan sisa adonan putih telur.
  • Cara membuat macaroon dilanjutkan dengan mengaduk adonan dengan teknik aduk balik. Jangan berlebihan mengaduknya ya!
  • Saat mengaduk dalam cara membuat macaroon, pastikan biaonan nggak terlalu kental juga nggak terlalu cair. Kalau masih kental, maka macaroon bakalan retak.
  • Adonan sudah siap kan? Trus masukkan ke dalam piping bang dan semprot ke baking paper. Hentakkan loyang untuk menghilangkan udara yang terperangkan dalam adonan. lalu diamkan sampai adonan nggak menempel di jari kalau disentuh.
  • Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan dnegan suhu 150 derajat selama 15-20 menit. Diamkan sebentar di suhu ruang setelah dikeluarkan dari oven.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kue Macaroon dan Tips Trik Biar Macaroon Nggak Retak

Cara Membuat Macaroon © Diadona

Secara umum nih resep dan cara membuat macaroons hampir sama di semua sumber. Yang terpenting sih perhatikan faktor dan tips apa saja biar macaroonsnya berhasil.

Kendala yang paling sering dialami dalam cara membuat macaroon macaroon yang retak, kempes dan nggak keluar kaki. Melansir Buzzfeed, coba perhatikan trik berikut ini:

Diamkan Putih Telur Semalaman

Sebelum digunakan dalam cara membuat macaroon, ada baiknya buat mendiamkan putih telur yang telah dipisahkan dari kuning, di wadah tertutup di lemari es paling tidak selama semalam. Trus keluarkan keesokan paginya dan gunakan setelah putih telur tersebut mencapai suhu ruang.

Dengan cara ini, kandungan air dalam putih telur bakalan berkurang. ingat, kelembaban adalah musuh terbesar dalam cara mebaut macaroon.

Haluskan Setiap Bahan

Kalau perlu, masukkan ke dalam food processor, lalu saring. Ini untuk memastikan macaroon jadi halus dan tanpa gumpalan.

Memasukkan Gula dalam Putih Telur di Waktu yang Tepat

Kamu harus tahu kapan waktu terbaik buat memasukkan gula dalam kocokan putih telur. Masukkan gula secara perlahan dan tunggu sebelum menambahkannya lagi.

Menambahkan gula terlalu cepat bisa membaut adonan putih telur jadi mengempis dan nggak kaku.

Pakai Pewarna Makanan Bentuk Gel

Kebanyakan sih orang-orang punya pewarna makanan bentuk cair di rumah mereka. Tapi kalau untuk cara membaut macaroon, sebaiknya pakai yang bentuk gel ya karena sangat pekat. Sedangkan pewarna cair bisa membuat adonan jadi terlalu lembab.

Tes Angka Delapan

Apa itu? Begini. Salah satu cara untuk menguji apakah adonan kamu udah tercampur rata, yakni dengan melakukan tes angka delapan. Caranya, ambil sedikit adonan di spatula lalu biarkan menetes dalam formasi angak delapan. Kalau adonan bisa menahan bentuknya cukup lama sampai polanya terbentuk, maka adonan sudah siap digunakan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Macaroon Mudah

Cara Membuat Macaroon © Diadona

Cara membuat macaroon memang tidak mudah. Banyak yang berulangkali mencoba namun gagal dan tak sesuai dengan keinginan. Makanya, selain karena bahan berupa tepung almondnya yang mahal, kue kering ini sering dibandrol dengan harga yang lumayan di toko-toko kue.

Meski kesannya mudah, namun banyak hal yang kudu diperhatikan saat membuat macaroon seperti yang udah Diadona bahas di atas. Perhatikan dengan seksama ya, kalau gagal kan sayang banget sama bahannya.

Beri Komentar