Cara Membuat Omelet Telur Sederhana dengan Mie, Sayur, Keju dan Nasi hingga Omelet Ala Hotel

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 15 Januari 2020 11:33
Cara Membuat Omelet Telur Sederhana dengan Mie, Sayur, Keju dan Nasi hingga Omelet Ala Hotel
Omelet telus bisa kamu kreasikan dengan menambahkan bahan seperti mie atau bahkan kamu juga bisa membuat omelet nasi dan juga omelet lezat ala masakan hotel loh. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang tidak tahu masakan omelet ini? Yap, omelet telur yang merupakan salah satu masakan andalan bagi kamu yang sedang malas memasak. Selain mudah dibuat, bahan yang disiapkan juga hanya beberapa campuran seperti sosis dan sayur yang ditambahkan garam dan sedikit penyedap rasa.

Omelet telur juga bisa kamu kreasikan dengan menambahkan bahan seperti mie atau bahkan kamu juga bisa membuat omelet nasi dan juga omelet lezat ala masakan hotel loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resep cara membuat omelet yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat membaca!

1 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Telur Sederhana

Ilustrasi Omelet Telur © Diadona

Masakan telur sederhana yang menjadi masakan sejuta umat ini memang tidak ada bosannya. Selain mudah dan murah, proses memasaknya juga anti ribet. Simak resepnya di bawah ini dalam cara membuat omelet telur sederhana.

Bahan:
- 2 butir telur ayam
- 2 sdm susu cair
- 1 sdm minyak goreng
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya

Cara membuat omelet telur sederhana:

  1. Pecahkan telur kemudian tambahkan bahan susu, garam, dan lada. Kocok telur dan bahan tersebut sampai berbusa.
  2. Panaskan minyak di penggorengan dengan api sedang. Goreng telur hingga setengah matang kemudian kecilkan api.
  3. Masak telur hingga matang. Sajikan dengan keadaan dilipat menjadi dua. Proses selesai, omelet telur sederhana siap disajikan.

2 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Mie

Ilustrasi Omelet Telur © Diadona

Mie identik dengan makanan hemat anak kosan. Bagi kamu yang ingin memasak mie dengan kreasi yang berbeda, kamu bisa mencoba resep cara membuat omelet mie di bawah ini.

Bahan:
- 3 butir telur ayam
- 2 bungkus mie instan beserta bumbunya
- 2 buah cabai merah
- 1/2 sdm garam (sesuaikan selera)
- 1/2 sdm merica bubuk
- 1 buah cabai rawit (sesuaikan selera)
- Saus sambal secukupnya

Cara membuat omelet mie:

  1. Ambil 2 bungkus mie instan dan rebus dengan menggunakan air secukupnya. Tiriskan dan masukkan mie yang sudah matang ke dalam wadah atau baskom yang sedikit besar.
  2. Iris cabai rawit dan cabai merah besar kemudian masukkan ke dalam wadah tersebut. Tambahkan mie instan, garam, lada, dan telur ke dalam wadah. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan bumbu mi instan tadi lalu aduk merata. Pastikan bumbu tidak ada yang menggumpal di dasar wadah dan benar-benar tercampur rata.
  4. Siapkan teflon dengan sedikit minyak. Tunggu teflon panaskan dengan api kecil. Tuang omelet ke atas teflon dan ratakan. Balik adonan, tunggu sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Tiriskan dan sajikan omelet mie dengan saus sambal atau tomat.

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Sayur

Ilustrasi Omelet Sayur © Diadona

Omelet sayur bisa menjadi tambahan rekomendasi memasak sayur yang beda dari biasanya. Jika kamu biasanya memasak sayur dengan dioseng atau sebagai sop, resep cara membuat omelet sayur ini bisa kamu buat di rumah untuk menambah ragam kreasi masakan sayur andalanmu. Yuk simak resep cara membuat omelet sayur di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:
- 25 gram udang kupas dicincang
- 3 butir telur ayam
- 2 kuntum brokoli (iris halus)
- 1 genggam bayam hijau
- 1 sdm tepung terigu
- 1 siung bawang putih (haluskan)
- 1/2 batang wortel (iris halus)
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat omelet sayur:

  1. Kocok telur kemudian bumbui dengan garam, merica dan bawang putih. Rebus bayam sampai layu kemudian peras airnya dan cincang halus.
  2. Masukan brokoli, bayam dan wortel ke dalam telur. Tambahkan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan 1 sendok makan air.
  3. Panaskan penggorengan, goreng telur dengan api sedang sampai matang. Balik kedua sisi agar matang sempurna. Omelet sayur siap dihidangkan.

4 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Keju

Ilustrasi Omelet Keju © Diadona

Jika kamu pencinta berat keju, maka kamu harus mencoba resep masakan omelet ini. Simak saja langsung resep cara membuat omelet keju yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:
- 3 butir telur
- 75 ml susu cair tawar
- 30 gram keju cheddar
- 1/4 siung bawang bombay (cincang halus)
- 5 buah jamur kancing (iris tipis)
- 1 batang seledri atau daun bawang (iris tipis)
- 1 sdm margarin
- Garam secukupnya
- Merica bubuk secukupnya

Cara membuat omelet keju:

  1. Kocok telur bersama dengan merica dan garam secukupnya. Tambahkan susu cair sediki demi sedikit sambil terus dikocok.
  2. Panaskan margarin dan tumis bawang bombay sampai harum. Setelah matang, masukkan jamur dan masak sampai jamur matang.
  3. Tuangkan adonan telur yang sudah dikocok ke wajan berisi tumisan jamur. Taburi irisan daun seledri dan daun bawang diatas adonan telur.
  4. Masak omelet dengan api sedang sampai matang sempurna. Angkat dan letakkan di atas piring jika sudah matang. Tambahkan taburkan keju parut diatas omelet secara merata Omelet keju siap dihidangkan.

5 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Telur Gulung

Ilustrasi Omelet Telur Gulung © Diadona

Jika kamu bosan dengan tatanan dan tampilan telur yang hanya dilipat dua saat dipenggorengan atau dipotong biasa, maka kamu wajib mencoba kreasi tampilan omelet telur yang digulung ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat omelet telur gulung di bawah ini.

Bahan:
- 3 butir telur ayam
- 1 sdm susu cair
- 1 sdm wortel yang (cincang halus)
- 1 sdm bawang merah (cincang halus)
- 1 sdm daun bawang (iris halus)
- 1/2 sdt garam
- Merica secukupnya

Cara membuat omelet telur gulung:

  1. Kocok telur bersamaan dengan susu. Masukkan bahan wortel, bawang merah, garam, merica, dan daun bawang.
  2. Panaskan minayk goreng di wajan berbentuk persegi panjang. Masak 1/4 telur hingga setengah matang kemudian ulung satu sisi telur, lalu olesi bagian wajan yang tak tertutupi telur dengan minyak.
  3. Tuang 1/4 adonan omelet ke samping omelet yang tidak digulung, lalu masak lagi sampai setengah matang. Lakukan higga adonan habis.
  4. Angkat telur dari wajan jika sudah matang. Tunggu telur sampai dingin kemudian potong telur menjadi beberapa bagian kecil. Omelet telur gulung siap disajikan.

6 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Hotel

Ilustrasi Omelet Telur Ala Hotel © Diadona

Apakah kamu ingin mencoba hidangan elegan ala-ala hotel? Kamu bisa kok memakannya tanpa harus booking dan menginap di hotel karena kamu bisa membuat masakan omelet sendiri di rumah. Jangan khawatir rasa dan tampilannya tidak kalah kok dengan masakan omelet ala hotel berbintang. Yuk simak resep selengkapnya dalam cara membuat omelet ala hotel di bawah ini.

Bahan:
- 2 butir telur
- 2 sdm paprika (potong dadu)
- 2 sdm tomat (potong dadu)
- 2 buah jamur (iris tipis)
- 150 gram daging sapi cincang
- 2 sosis (iris tipis)
- 2 sdm margarin
- 2 sdm bawang bombai (cincang)
- 1 sdm keju mozzarella
- 1 sdm keju parut
- 2 sdm susu cair
- Merica bubuk secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat omelet ala hotel:

  1. Kocok telur bersama keju parut, susu cair, garam, dan merica hingga rata. Panaskan margarin lalu tumis bawang bombai, paprika, jamur, dan sosis.
  2. Masak hingga bawang bombai harum dan jamur matang. Ratakan bahan ke seluruh wajan dan kecilkan api.Tuang kocokan telur dan masak hingga setengah matang.
  3. Masukkan tomat dan keju kotak. Lippat omelet menjadi setengah lingkaran. Tutup wajan sebentar dan masak sampai keju meleleh. Omelet ala hotel siap disajikan.

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Nasi

Ilustrasi Omelet Nasi © Diadona

Masakan ini selain enak juga sangat mengenyangkan karena unsur karbohidrat dalam nasi. Yuk simak resep selengkapnya yanbg telah Diadona ulas dalam cara membuat omelet nasi di bawah ini.

Bahan:
- 600 gram nasi putih
- 100 gram dada ayam fillet (potong dadu)
- 50 gram jamur kancing segar (iris tipis)
- 3 lembar daging
- 2 siung bawang putih (cincang halus)
- 100 gram bawang bombai
- 50 gram paprika hijau
- 3 sdm saus tomat
- 1 sdt garam dan merica bubuk
- 6 butir telur
- 3 sdt miyak sayur

Cara membuat omelet nasi:

  1. Panaskan minyak sayur dan tumis bawang putih, bawang bombai, dan potongan ayam hingga harum. Tambahkan jamur kancing, daging, dan paprika hijau. Aduk hingga rata.
  2.  Masukkan nasi, garam, dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan saus tomat. Setelah matang bagi menjadi tiga bagian yang sama lalu sisihkan.
  3. Untuk membuat kulit, kocok bahan telur, garam, dan merica hingga mengembang. Bagi adonan menjadi tiga bagian.
  4. Panaskan minyak di atas teflon, kemudian tuang satu bagian adonan telur dan ratakan. Masak hingga matang dan angkat telur tersebut. Ulangi proses yang sama hingga adonan telur habis.
  5. Ambil selembar telur dadar, letakan 1/3 bagian nasi di atas permukaan telur. Gulung dan rapatkan seperti omelet. Ulangi hingga telur habis. Omelet nasi siap untuk disajikan.

8 dari 8 halaman

Cara Membuat Omelet Telur Sosis

Ilustrasi Omelet Telur Sosis © Diadona

Omelet telur juga akan sangat cocok jika ditambah campuran bahan sosis. Rasa omelet telur akan tambah sedap dengan rasa sosis yang gurih dan nikmat. Yuk simak resep cara membuat omelet telur sosis selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 4 butir telur
- 2 buah sosis cincang
- 2 batang daun bawang
- 1 buah wortel cincang
- 2 siung bawang putih
- Bawang bombai
- Kaldu jamur atau penyedap rasa secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat omelet telur sosis:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, sisihkan.
  2. Kocok telur, campur dengan sayuran, bawang yang sudah ditumis, garam dan penyedap rasa.
  3. Panaskan wajan, tuang telur secukupnya, setelah agak matang, lipat telur saat masih di wajan. Omelet telur sosis siap disajikan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat omelet telur dengan bahan campurannya. Banyak kreasi yang bisa kamu terapkan dalam resep cara membuat omelet telurmu di rumah. Kamu lebih memilih kreasi omelet telur apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar