Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Pong dan Bulat Crispy yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 14 Mei 2020 18:27
Cara Membuat Tahu Sumedang  Goreng Pong dan Bulat Crispy yang Enak
Tahu sumedang bisa diolah menjadi camilan enak kekinian. Yuk simak resep cara membuat tahu sumedang pong dan bulat crispy berikut ini!

Cara membuat tahu sumedang berikut ini bisa Moms praktikkan di rumah sebagai menu makan dan camilan kekinian keluarga. Cukup dengan memanfaatkan bahan tahu sumedang putih yang diolah dengan bahan bumbu rendaman dan tepung bumbu kering, tahu sumedang bisa digoreng dengan minyak hingga kering dan crispy dengan tekstur kriuk maksimal. Olahan tahu sumedang ini bisa diolah menjadi tahu bulat dan pong yang melegenda.

Tahu sumedang sendiri merupakan olahan tahu khas daerah Sumedang Jawa Barat. Penjual tahu sumedang akan menyiapkan bongsang atau anyaman bambu untuk pembeli yang ingin mendapatkan tahu sumedang dalam jumlah banyak. Nah, bongsang ini dapat memuat tahu goreng sebanyak 25 hingga 100 buah.

Moms tentunya bisa mencoba membuat tahu sumedang ini di rumah dengan mudah. Cocok banget loh dijadikan camilan keluarga. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tahu sumedang goreng pong dan bulat crispy yang enak berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Tahu Bulat Sumedang

Cara Membuat Tahu Sumedang © Diadona

Olahan tahu sumedang bisa diolah untuk dijadikan tahu bulat. Dijamin mudah dan tentunya enak menggoda. Berikut resep selengkapnya cara membuat tahu sumedang bulat.

Bahan cara membuat tahu sumedang bulat:
- 10 buah tahu putih sumedang
- 1 butir kuning telur
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1 sdt lada bubuk
- 1 bungkus kaldu ayam bubuk
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat tahu sumedang bulat:

a. Hancurkan tahu lalu peras airnya dengan lap bersih. Campur tahu dengan bawang putih halus, ketumbar, lada bubuk, kaldu ayam dan kuning telur.

b. Aduk rata bahan lalu masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam. Goreng emnggunakan api kecil hingga berubah warna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Tahu Pong Sumedang

Cara Membuat Tahu Sumedang © Diadona

Selain bulat, tahu sumedang juga bisa diolah menjadi tahu pong yang nikmat. Dengan memanfaatkan bahan terigu, baking powder, dan bumbu bawang halus saja, Moms sudah bisa menikmati lezatnya tahu pong sumedang di rumah. Yuk simak saja langsung resep cara membuat tahu sumedang berikut ini.

Bahan cara membuat tahu sumedang pong:
- 12 buah tahu sumedang
- 75 gram tepung terigu
- 10 gram tepung maizena
- 1 sdm bumbu masak instant
- 1/2 sdt garam
- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 butir telur ayam
- 1/2 sdt baking powder
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat tahu sumedang pong:

a. Potong tahu menjadi dua bagian tipis ukutan empat persegi panjang. Rendam tahu dengan air dan masukkan bumbu masak instan, bawang putih, dan bawang merah halus lalu diamkan selama 10 menit. Kocok lepas bahan telur, dan sisihkan dulu.

b. Buang air rendaman tahu, tiriskan dan masukkan ke dalam kocokan telur. Aduk perlahan dan diamkan dulu semalam 5 menit.

c. Campur bahan tepung terigu, garam, baking powder dan tepung maizena, aduk rata. Gulingkan tahu ke dalam bahan tepung lalu segera goreng.

d. Goreng dalam minyak banyak dan api sedang hingga kekuningan. Angkat, dan tiriskan.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Tahu Sumedang Crispy yang Enak

Cara Membuat Tahu Sumedang © Diadona

Tahu sumedang yang digoreng crispy ini juga bisa banget menjadi sajian camilan yang bikin nagih. Apalagi dinikmati dengan lalapan cabe, dijamin Moms bakal suka. Simak langsung resep cara membuat tahu sumedang crispy yang enak berikut ini.

Bahan cara membuat tahu sumedang crispy:
- 10 buah tahu sumedang
- 3 siung bawang putih yang diulek hingga halus
- Terigu yang sudah dicampur dengan mentega
- Bawang daun yang diiiris
- 1 bungkus merica bubuk
- 1 bungkus penyedap rasa
- Air secukupnya

Cara membuat tahu sumedang crispy yang enak:

a. Campurkan adonan terigu yang sudah dicampur mentega dengan air. Masukkan bawang putih dan daun bawang, penyedap rasa dan merica. Aduk hingga tercampur rata.

b. Masukkan tahu sumedang ke dalam adonan, panaskan minyak dan goreng dengan minyak banyak hingga kering. Angkat dan tiriskan, tahu sumedang crispy siap disajikan dengan cabe.

Itulah beberapa resep cara membuat tahu sumedang goreng pong dan bulat crispy yang enak. Pas sekali dihidangkan sebagai lauk dan camilan di rumah. Yuk, coba buat dan segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Beri Komentar