Cara Membuat Wingko Babat Tanpa Oven Sederhana yang Empuk, Enak Khas Lamongan

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 14 Mei 2020 16:59
Cara Membuat Wingko Babat Tanpa Oven Sederhana yang Empuk, Enak Khas Lamongan
Wingko tanpa oven sederhana yang empuk bisa banget Moms olah di rumah. Yuk simak cara membuat wingko babat enak khas Lamongan berikut ini!

Cara membuat wingko babat ini sangatlah mudah Moms. Dengan bahan tepung ketan yang dicampur parutan dan air kelapa ini sangat cocok dinikmati sebagai camilan keluarga. Rasa manis dari gula pasir serta gurihnya kelapa memang jadi camilan the best deh. Jika Moms menyukai olahan manis yang legit dan kenyal, maka wajib banget membuat wingko babat ini di rumah.

Wingko sendiri merupakan jenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Nah, olahan wingko ini terkenal di daerah pantai utara pulau Jawa. Kue ini kerap dijual di stasiun kereta api dan terminal bus sebagai oleh-oleh. Umumnya, wingko berbentuk bundar besar dan ada pula yang berbentuk kecil yang dibungkus kertas.

Moms tentunya harus mencoba membuat sendiri olahan wingko babat ini di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat wingko babat tanpa oven sederhana yang empuk dan enak khas Lamongan berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Wingko Babat Tanpa Oven Sederhana

Cara Membuat Wingko Babat © Diadona

Nggak perlu dibikin ribet ya Moms. Cara membuat wingko babat cukup menggunakan teflon jika di rumah nggak ada oven kok. Dijamin enak, legit, dan manis gurih maksimal. Simak langsung yuk resep cara membuat wingko babat tanpa oven sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1/4 kg tepung ketan
- Gula pasir secukupnya
- 2 sdm margarin
- 2 bungkus vanili
- 1 butir telur
- Air kelapa muda secukupnya
- 2 buah kelapa muda yang sudah diparut

Cara membuat wingko babat tanpa oven sederhana:

a. Campurkan tepung ketan, kelapa parut, dan vanili hingga tercampur rata. Tambahkan air kelapa sambuil terus diaduk-aduk dan jangan sampai adonan terlalu encer.

b. Cairkan bahan margarin dan gula, aduk dan diamkan hingga dingin. Campurkan bahan margarin dan gula ke dalam adonan. Tambahkan juga telur, dan aduk lagi hingga rata.

c. Panaskan cetakan teflon dan olesi margarin. Masukkan adonan dalam cetakan, masak dan bolak balik hingga matang.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Wingko Babat Empuk Khas Lamongan

Cara Membuat Wingko Babat © Diadona

Wingko babat yang empuk khas Lamongan ini bisa banget menjadi camilan rumahan yang nempol di lidah. Cukup siapkan bahan utamanya berupa tepung ketan, kelapa, dan gula saja Moms, dan segera buat sendiri dengan cara sederhana. Yuk simak langsung deh cara membuat wingko babat empuk khas Lamongan berikut ini.

Bahan:
- 1 kg tepung ketan
- 3/4 kg gula pasir
- 3 butir kelapa parut
- 1 1/2 gelas belimbing air kelapa
- 3 sdm margarin
- 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat wingko babat empuk khas Lamongan:

a. Campur parutan kelapa, margarin, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk rata semua bahan, masukkan juga tepung ketan.Aduk lagi adonan hingga rata baru tambahkan air kelapa.

b. Panaskan cetakan, isi dengan bahan adonan, balik adonan saat bagian bawahnya mulai matang berwarna kecoklatan. Masak menggunakan api kecil.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Wingko Babat Oven yang Enak

Cara Membuat Wingko Babat © Diadona

Nah, banyak banget loh Moms jenis dan bentuk wingko babat ini. Mulai dari bundar dengan ukuran gede, kecil dan kotak kotak yang diiris setelah dikeluarkan dari alat oven. Berikut resep cara membuat wingko babat oven yang enak dan wajib dicoba.

Bahan:
- 250 gram tepung ketan
- 150 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm margarin
- 200 gram kelapa setengah tua
- 300 ml air kelapa
- 1 butir telur yang dikocok lepas
- 1 bungkus vanili

Cara membuat wingko babat oven yang enak:

a. Siapkan semua bahan, khususnya kelapa yang dikupas kulitnya dan parut.

b. Set oven suhu 180 derajat celsius. Siapkan loyang oles minyak dan alasi daun pisang, sisihkan.

c. Campurkan bahan kering berupa tepung ketan, gula pasir, garam dan margarin sambil diuleni hingga rata membentuk gerindil.

d. Masukkan parutan kelapa dan aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan juga bahan telur dan air kelapa secara bergantian dan aduk-aduk hinga raa.

e. Tuangkan adonan ke dalam loyang lalu panggang selama 50 menit, keluarkan dari oven dan olesi margarin, panggang lagi selama 10 menit.

f. Lakukan tes tusuk untuk melihat kematangan adonan, jika belum matang bisa dipanggang lagi.

Itulah resep cara membuat wingko babat tanpa oven sederhana yang empuk dan enak khas Lamongan. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan segera siapkan bahan-bahannya ya!

Beri Komentar