Cara Menanam Buah Naga di Pot dengan Metode Stek yang Baik dan Benar, Agar Cepat Berbuah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 30 Juli 2020 10:53
Cara Menanam Buah Naga di Pot dengan Metode Stek yang Baik dan Benar, Agar Cepat Berbuah
Cara menanam buah naga sebenarnya mudah kok, baik untuk budidaya di kebun ataupun dalam pot.

Kalian pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini? Yaps, buah yang masih termasuk ke dalam keluarga tanaman kaktus, namun memiliki rasa manis dan segar ini sudah sangat populer di Indonesia sejak tahun 2000.

Dikarenakan memiliki rasa yang manis dan enak, sebagian orang pun berlomba-lomba untuk mengetahui bagaimana cara menanam buah naga. Menanam buah naga sendiri sebaiknya dilakukan secara organik, sebab nantinya akan menghasilkan buah yang lebih sehat.

Nah, daripada semakin penasaran, berikut cara menanam buah naga bagi pemula, yang telah dirangkum dari berbabagi sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Menanam Buah Naga Stek

Cara Menanam Buah Naga © Diadona

Seperti yang diketahui, buah naga dikenal dengan berbagai khasit dan manfaatnya. Sehingga, wajar saja kalau buah yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang.

Nah, daripada kamu membilnya alangkah baiknya kalau kamu mencoba cara menanam buah naga dengan metode stek. Pada umumnya, menanam buah naga stek ini tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas.

Namun, yang sedikit membedakannya ialah kamu harus menyiapkan bibit stek pohon buah yang tidak terkena penyakit, supaya hasilnya bisa sesuai yang diharapkan.

Selain itu, siapkan bibit untuk ditanam dengan cara potong sekitar 25-35 cm meter batang tanaman buah naga untuk dijadikan stek, usahakan pemilihan batang jangan yang masih muda ya.

Cara menanam buah naga stek ini bisa dilakukan langsung dengan ditanam diatas tanah tanpa harus menggunakan pot atau polybag terlebuh dahulu.

2 dari 4 halaman

Cara Menanam Buah Naga di Pot

Cara Menanam Buah Naga © Diadona

Cara menanam buah naga sebaiknya ditanam di dataran rendah yang memiliki ketinggian antara 20-500 mdpl. Selain itu, kamu juga harus paham cara menanam buah naga dengan benar, sebab, kalau tidak akan mengalami rontok bunga dan buah, busuk batang, hingga tanaman buah naga mati.

Untuk itu, simak ulasan beirkut ini tentang cara menanam buah naga di pot.  

1. Pilih Pot

Langkah pertama, pilihlah pot yang memiliki diamater minimal 40 cm dan tinggi pot 40 cm. Sebab, umur buah naga bisa sampai 20 tahun, jadi pilihlah pot yang sesuai.

2. Memilih Bibit

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan pada saat cara menanam buah naga ialah memilih bibit yang sehat dan jagan ada bercak. Karena, kalau bibit yang buruk nantinya akan menghasilkan pohon naga tumbuh tinggi tanpa buah. Nggak mau kan?

Setelah itu, cari bibit yang sudah memiliki empat tunas atau umur bibit sudah 2 bulan, tinggi bibit minimal 50 cm, serta induk yang baik sudah berbuah minimal 3 kali.

3. Buat Tiang

Cara menanam buah naga memang sedikit berbeda dengan menanam tanaman lainnya, sebab kamu harus menyiapkan tiang agar pohon naga bisa tumbuh menjulang.

3 dari 4 halaman

4. Membuat Media Tanam

Perlu di catat, bahwa buah naga tidak mau hidup di media tanam yang sangat basah. Untuk itu, buatlah media tanam yang campurannya terdiri dari tanah, pasir, pupuk kandang, kerikil, serta kapur pertanian 100gram.

Kalau sudah, masukkan kerikil ke dalam pot, lalu masukkan tiang panjatnya. Ohya, kalau menanam lebih dari 1 buah naga dalam 1 pot, tiang panjat diletakkan di tengah. Tapi, kalau 1 buah naga per pot maka letakkanlah tiang panjat di pinggir.

5. Pindahkan Bibit ke Pot

Kemudian masukkan bibit ke pot yang sudah ada isinya media tanam dan tiang panjat, sedalam 10 cm lalu tekan tekan tanamnya supaya kokoh dan ikat dengan tali rafia.

Simpan pot yang sudah berisi buah naga ke tempat yang agak teduh. Kalau sudah ada tanda kehidupan, misalnya muncul tunas baru, pindahkan ke tempat yang terkena cahaya matahari.

6. Menyiram

Cara menanam buah naga selanjutnya ialah jangan lupa siram tanaman tersebut tapi jangan sampai menggenang. Saat musim kemarau tiba, siramlah 2kali sehari. Selesai.

Cara menanam buah naga memang gampang-gampang susah, karena buah naga juga  isa diserang hama. Maka dari itu, rajinlah mengecek tanaman mu agar terhindar dari daun busuk, berbecak, ataupun sarang semut.

4 dari 4 halaman

Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Naga © Diadona

Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan ini dipercaya mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan. Bahkan, saat ini pun budidaya buah naga sudah banyak di Indonesia.

Pertanyaannya, bagaimana menanam buah naga agar cepat berbuah? Sebelumnya, pastikan dulu bibit yang digunakan tepat dan gunakan pupuk kandang yang mengandung unsur P (Phospor) lebih tinggi daripada unsur N (Nitrogen).

Kalau sudah, berikut 3 cara menanam buah naga agar cepat berbuah yang melansir dari berbagai sumber:

1. Media tanam jangan terlalu padat supaya tidak lama dalam menyimpan air. Lalu, gunakan bibit yang sudah berusia sekitar 2 bulan, dengan inggi bibit minimal 50 cm dan berasal dari induk yang baik.

2. Buatlah tiang sebagai penyangga batang buah naga yang tidak terlalu tinggi, guna buah cepat tumbuh. Pastikan juga tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup.

3. Lakukan pemupukan yang tepat dengan pupuk kandang, dan pemangkasan dengan rutin untuk mencegah cabang terus tumbuh dan muncul tunas baru. Selesai.

Itulah cara menanam buah naga yang di pot dengan metode stek yang baik dan benar, agar cepet menghasilkan buah yang melimpah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar