Cicipi 7 Buah Eksotis yang Hanya Ada di Indonesia, Udah Pernah Coba?

Food | Rabu, 13 Oktober 2021 07:49

Reporter : Kurnia

Di dunia lain nggak pernah ada jenis buah ini karena langka

Berbicara soal buah, foodies pasti udah sering dong makan beranekaragam jenis buah dari berbagai belahan dunia yang sampai di Indonesia?

Anyway, foodies udah pada tahu belum sih kalau di Indonesia sendiri menyimpan beragam jenis buah eksotis yang bahkan nggak ada di belahan dunia lain, lho?

Karena Indonesia adalah Negara tropis, nggak heran dong kalau tanah air kita ini banyak ditumbuhi tanaman unik, termasuk buah langka seperti berikut ini. Nggak cuma langka, beberapa jenis buah eksotis khas Indonesia ini bahkan hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Jadi buah eksotis yang hanya di Indonesia, beragam jenis buah berikut ini bahkan kerap direkomendasikan media travel Internasional untuk dicicipi lho. Karena miliki bentuk hingga cita rasa eksotis yang unik, turis dari berbagai Negara bahkan datang jauh-jauh hanya utuk mencicipinya. Masak kamu yang asli Indonesia malah belum pernah mencobanya? Atau bahkan kamu belum tahu jika ada buah eksotis yang hanya ada di Indonesia?

Apa saja sih buah eksotis dan langka yang hanya ada di Indonesia?

Cicipi 7 Buah Eksotis yang Hanya Ada di Indonesia, Udah Pernah Coba?
2 dari 8 halaman

1. Buah Matoa

Buah MatoaBuah Matoa © Liputan6.com

Dikutip dari berbagai sumber, buah matoa menjadi saty bukti dari suburnya tanah Papua. Wilayah yang kaya akan mineral itu menghasilkan buah matoa yang langka karena karakteristik hidupnya.

Buah unik dan langka ini hanya bisa tumbuh di iklim dan jenis tanah tertentu. Nggak hanya itu, buah ini bahkan hanya bisa dicicipi pada musim-musim tertentu lho. Biasanya, buah matoa bisa dinikmati pada bulan Juli hingga Oktober dengan tekstur daging kenyal, manis, berwarna putih seperti rambutan, leci, dan kelengkeng.

3 dari 8 halaman

2. Buah Manau

Buah ManauBuah Manau © Istimewa (Liputan6.com)

Foodies tahu nggak kalau rotan juga menghasilkan buah yang bisa dimakan? Yups, buah Manau. Memang sekilas mirip dengan salak, tapi ini adalah buah dari pohon rotan yang disebut dengan buah Manau.

Memiliki ukuran yang lebih kecil dengan bentuk oval,  buah Manau tumbuh subut di Bangka Belitung hingga Kalimantan. Biasanya, buah ini diolah menjadi asinan yang segar dan nikmat. Rasanya yang tidak begitu manis terkadang bisa membuat lidah foodies bergetar karena memiliki cita rasa sedikit pahit yang bikin kamu ketagihan.

4 dari 8 halaman

3. Buah Maja

Buah MajaBuah Maja © Liputan6.com

Ada yang udah pernah coba buah Maja? Buah ini menjadi satu dari beberapa jenis buah yang sangat langka di seluruh dunia, lho. Di Indonesia, buah cukup gampang ditemui karena tumbuhan ini hanya bisa hidup di iklim tropis dan sub tropis.

Meskipun langka, masih banyak orang yang tidak bisa menikmati jenis buah Maja ini karena banyak mitos yang mengatakan buah ini memiliki cita rasa yang pahit. Padahal, buah ini bisa diolah menjadi seleai layaknya buah jeruk.

5 dari 8 halaman

4. Manggis Putih

Manggis putihManggis putih © Istimewa

Manggis pada umumnya berwarna ungu ya, foodies? Tapi Diazens udah pernah cobain manggis putih belum? Jenis buah eksotis yang satu ini hanya bisa tumbuh dengan subur di Lingsor, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Termasuk ke dalam jenis buah langka, manggis putih dijual dengan harga yang cukup fantastis dan memiliki kualitas yang lebih unggul dari manggis ungu. Ada yang mau mencicipnya? Bisa beli di lapak online dengan harga Rp55 ribu per kilogramya.

6 dari 8 halaman

5. Buah Keledang

Buah KeledangBuah Keledang © Liputan6.com

Tampak familiar tapi cukup aneh, buah Keledang memang tampak seperti buah nangka yang dipenuhi dengan biji. Tapi ini berbeda. Keledang adalah buah yang diambil dari pohon keledang setinggi 40 meter di daratan Kalimantan.

Warna dagingnya sekilas mirip dengan nangka namun cenderung lebih orange dengan rasa yang unik. Manis legit, sensasi makan buah Keledang ini hampir seperti mixing antara nangka dengan manggis. Wah, jadi ngiler kan?

7 dari 8 halaman

6. Buah Gandaria

Buah GandariaBuah Gandaria © Istimewa

Langka dan eksotis, buah Gandaria adalah salah satu jenis buah yang terancam punah. Sayang sekali ya, foodies buah Gandaria ini sudah susah sekali lho untuk ditemukan di Indonesia.

Buah Gandaria memiliki bentuk bulat seperti bola kecil dengan biji lonjong di bagian tengahnya. Hampir mirip dengan sawo, namun buah Gandaria memiliki rasa asam dan berwarna hijau saat mentah dan menjadi kuning hingga orange saat matang. Buah Gandaria bahkan disebut memiliki khasiat beragam lho.

8 dari 8 halaman

7. Buah Mundu

Buah MunduBuah Mundu © Istimewa

Jarang yang tahu nih, Buah Mundu merupkan buah eksotis dari tanah Borneo dan hanya bisa ditemui di beberapa wilayah Indonesia seperti di Kalimantan Barat dan sebagian Pulau Jawa.

Memiliki khasiat yang beragam, buah Mundu ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi selai lho. Tak hanya langka, jenis buah ini bahkan memiliki beragam manfaat dari menyembuhkan sakit tenggorokan sampai diare.

So, foodies udah pernah cobain yang mana aja nih?

Join Diadona.id