Cuma Butuh 2 Bahan, Yuk Bikin Kental Manis Sendiri di Rumah!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 18 November 2020 18:20
Cuma Butuh 2 Bahan, Yuk Bikin Kental Manis Sendiri di Rumah!
Kental manis biasa digunakan sebagai toping ataupun bahan tambahan pembuat cake.

Kental manis adalah bahan makanan yang cukup sering kita jumpai di dapur. Kental manis banyak dijual di supermarket maupun minimarket. Biasanya dijual dalam bentuk sachet maupun kaleng.

Kental manis bisa dinikmati dengan mencampurkan air panas dan menjadi susu hangat. Selain itu, kental manis juga bisa digunakan sebagai toping dalam roti bakar ataupun cake. Selain itu, kental manis juga bisa menjadi salah satu bahan untuk membuat kue.

Baca: BPOM senantiasa menginformasi bahwa susu kental manis merupakan produk yang mengandung susu dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Ternyata, kental manis bisa kamu buat sendiri kok di rumah. Hanya dengan dua bahan saja, kamu sudah bisa membuat kental manis yang mirip dengan produk kental manis populer. Gimana caranya?

1 dari 1 halaman

Membuat Kental Manis

Ilustrasi Susu © Diadona

Bahan-bahannya cukup praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan 360 ml Susu Ful Cream dan juga 200 gram gula pasir. Kamu juga bisa memilih susu full fat atau low fat sesuai seleramu.

Ilustrasi Gula Pasir © Diadona

Campurkan kedua bahan dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil. Lakukan hingga gula pasir larut dengan sempurna. Langkah berikutnya, kamu bisa menaikkan suhu kompor. Penaikan ini bisa dilakukan secara bertahap tanpa perlu diaduk. Biarkan sampai susu tercampur.

Masak hingga konsistensinya menjadi kental. Ciri yang bisa kamu amati adalah warna yang menjadi semakin coklat. Proses pemasakkan kental manis ini bisa terus dilakukan tanpa menunggu kental manis mendidih. Jika tekstur sudah mulai mengental, kamu bisa langsung mematikan kompor.

Buang sisa-sisa busa. Setelah itu, masukkan dalam wadah. Dinginkan dalam kulkas ataupun suhu ruang selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Kental manis buatanmu siap untuk dinikmati.

Kental Manis © Diadona

Selamat Mencoba!

Beri Komentar