Dapat Menghambat Sel Kanker! Seafood Ini Halal Dikonsumsi Oleh Umat Muslim Sesuai Fatwa MUI

Reporter : Galang
Senin, 14 Februari 2022 08:57
Dapat Menghambat Sel Kanker! Seafood Ini Halal Dikonsumsi Oleh Umat Muslim Sesuai Fatwa MUI
Teripang halal lohh, konfirmasi langsung dari MUI

Teripang menjadi sebuah menu makanan favorit untuk kuliner khas China dan obat herbal. Hewan laut ini juga dikenal sebagai timun laut, karena bentuknya mirip timun. Ternyata hewan ini halal dikonsumsi umat Muslim.

Bagi masakan Indonesia, teripang memang tidak populer. Tapi untuk kuliner China, teripang sudah menjadi menu yang wajar dan populer. Selain cita rasanya yang nikmat, melansir dari Healthline teripang memiliki nutrisi yang tinggi. Bahkan dari penelitian mengenai kandungannya, teripang mampu melawan sel kanker.

Penelitian itu dimuat dalam jurnal Bioorganic & Medical Chemistry Letters, para peneliti menemukan zat sitotoksik, lebih tepatnya Ds-echinoidea pada teripang. Zat ini dapat mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Kandungan ini yang membuat teripang sering diolah sebagai bahan obat dan suplemen.

1 dari 2 halaman

Banyak orang penasaran perkara halal atau tidak mengkonsumsi teripang. Hal ini cukup wajar karena teripang jarang dikonsumsi publik. Melansir dari Halal MUI (12/2) Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. KH. Abdurrahman Dahlan, MA, mengungkapkan bahwa teripang halal dikonsumsi.

Putusan ini bukan tanpa dasar. Melainkan berdasarkan hadits Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa seluruh kehidupan di laut halal untuk dikonsumsi.

" Dari Abu Hurairah radiyallahu'anhu, ia berkata telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang (hukum) air laut bahwa air laut itu suci, (dan) halal bangkainya."

2 dari 2 halaman

Guru besar IPB University sekaligus auditor senior Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Prof. Dr. Ir. Purwantiningsih M.S. menjelaskan, teripang yang sering diolah menjadi jelly gamat dan dijadikan obat herbal mempunyai berbagi macam nutrisi baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Teripang mengandung vitamin B kompleks, fosfor, kalium, hingga kolagen.

Kandungan nutrisi di dalam tripang ini memberikan beragam manfaat kesehatan, di antaranya menghambat pertumbuhan sel kanker, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan HIV dan mencegah keriput pada kulit.

Status kehalalan teripang akan menjadi syubhat ataupun haram ketika saat proses pengolahan menggunakan bahan berstatus haram. Misalnya teripang yang dimasak dengan campuran bumbu mengandung alkohol, atau dicampur dengan potongan daging babi, maka bagi umat muslim makanan ini tidak boleh dikonsumsi karena haram.

Beri Komentar