Dianggap Beracun, Ternyata Tomat Adalah Makanan yang Sempat Ditakuti Selama 200 Tahun

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 20 Juni 2020 13:20
Dianggap Beracun, Ternyata Tomat Adalah Makanan yang Sempat Ditakuti Selama 200 Tahun
Tomat bahkan sempat menyebabkan kematian orang Eropa di abad ke-19

Tomat sudah menjadi buah yang nggak asing lagi di telinga kita. Terkenal dengan rasa segar, buah ini biasa dijadikan bahan pelengkap masakan untuk memberi rasa segar pada makanan. Selain itu, tomat juga kerap dijadikan saus untuk pelengkap makanan.

Namun, setelah berabad-abad menjadi bahan utama dapur masakan, ternyata tomat sempat ditakuti oleh orang-orang Eropa. Dilansir dari Planet Natural, hal ini dikarenakan tomat dianggap buah yang beracun dan dapat menyebabkan kematian.

1 dari 3 halaman

Buah yang Ditakuti Selama 200 Tahun

Tomat © Diadona

Karena dianggap beracun, orang Eropa bahkan menjadikan tomat sebagai buah yang paling ditakuti saat itu. Ya, hampir selama 200 tahun lamanya. Hal ini didasari pada akhir abad ke-19 di mana buah ini menyebabkan rasa sakit bahkan kematian khususnya untuk masyarakat menengah ke atas. Buah tomat bahkan juga mendapat julukan sebagai Apel Beracun.

Ada penyebab yang cukup unik mengapa tomat bisa beracun pada saat itu. Dilansir dari Daily Mail, hal ini disebabkan orang-orang Eropa yang selalu menggunakan piring pewter yang terbuat dari campuran timah.

Tomat © Diadona

Karena Tomat mengandung kadar asam alami yang tinggi, saat disajikan di atas piring timah, buah ini akan larut dalam timbal. Akibatnya, orang yang mengonsumsinya bisa keracunan timbal.

Rupanya, cerita mengenai tomat sebagai buah beracun tidak sampai Eropa saja. Sebelum tomat mulai masuk ke Amerika Utara, buah ini bahkan disebut sebagai spesies tanaman berbunga yang mematikan.

2 dari 3 halaman

Kemunculan Pizza

Ilustrasi Pizza © Diadona

Tomat baru mendapat kepercayaan dari orang banyak pada tahun 1880 saat tercipta hidangan pizza di Naples. Setelah kemunculan pizza, buah ini langsung populer di Eropa dan Amerika Utara.

Jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun 1597 Andrew F. Smith seorang peneliti dan penulis buku Tomato in America: Early History, Culture, and Cookery, telah melakukan publikasi Herbal dari John Gerard. Dalam publikasi tersebut, Gerard menyatakan meskipun tanaman dan daun tomat beracun, namun buahnya aman untuk dikonsumsi.

Tomat © Diadona

Butuh waktu 100 tahun untuk membuat orang-orang Amerika mau mengonsumsi tomat. Lalu pada tahun 1922, resep tomat mulai bermunculan di koran. Didukung dengan populernya Pizza.

Beri Komentar