Ini 7 Bahan Makanan yang Ternyata Awet Banget, ada yang Bisa Bertahan Selamanya

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 12 Oktober 2020 07:20
Ini 7 Bahan Makanan yang Ternyata Awet Banget, ada yang Bisa Bertahan Selamanya
Apa aja itu?

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok untuk manusia. Manusia butuh makan setiap hari untuk bisa bertahan hidup. Di zaman modern saat ini, banyak bahan makanan yang bisa awet berhari-hari bahkan bertahun-tahun sehingga bisa kita simpan dan pakai sewaktu-waktu saat kita butuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang ternyata sangat awet hingga bertahun-tahun, berabad-abad, bahkan bisa bertahan selamanya tanpa membusuk. Apa saja itu? Melansir dari The Daily Meals, berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

1. Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu adalah salah satu bahan makanan yang sangat awet. Madu bahkan juga bisa bertahan puluhan tahun bahkan berabad-abad. Hanya saja, madu akan lebih gelap dan kehilangan aroma ataupun rasanya. Yang paling sering terjadi adalah madu enjadi mengkristal jika tak dikemas dengan benar.

Hanya saja, dalam kemasan biasanya tertulis hanya bertahan 2 tahun. Ini adalah masa di mana tekstur madu sudah jelek.

2 dari 7 halaman

2. Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Melansir dari The Daily Meals, Garam adalah bahan dasar dapur yang bisa bertahan selamanya. Faktanya, apa yang kita makan mungkin sudah ada selama miliaran tahun sebelum dipanen dari endapan batu ataupun laut.

Hanya saja, garam meja bisa kadaluarsa karena mengandung zat aditif. Bahan yodium dan anti-penggumpal akan rusak seiring berjalannya waktu. Sehingga umur simpan garam meja hanya sekitar lima tahun saja.

3 dari 7 halaman

3. Gula

Ilustrasi Gula Pasir © Diadona

Sama halnya dengan garam, gula putih juga tidak akan kadaluwarsa. Namun, gula akan menggumpal jika kadar kelembapannya terganggu.

4 dari 7 halaman

4. Beras

Ilustrasi beras putih © Diadona

Nasi putih memang hanya bertahan beberapa hari saja. Namun, beras yang masih belum diolah, jika disimpan dengan baik akan bertahan sampai 30 tahun lamanya. Usahakan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara ataupun kantung pembeku. Hal ini akan menghindarkan beras dari kutu.

5 dari 7 halaman

5. Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Baking Soda adalah bahan makanan yang cukup awet. Bahkan jika disimpan dengan cara yang benar, Baking Soda akan bertahan untuk waktu yang tak terbatas.

Namun, dalam kemasan sering tertulis tanggal kadaluwarsa. Tanggal itu adalah tanggal di mana Baking Soda kehilangan potensi dan teksturnya.

Baking Soda akan bertahan selamanya jika tetap kering. Dan, sangat tidak disarankan untuk menyimpan baking soda dalam kulkas.

6 dari 7 halaman

6. Buah-Buahan Kering

Buah Kering © Diadona

Buah-buahan kering akan bertahan selama 5 tahun jika disimpan di tempat kedap udara atau jauh dari oksigen. Namun, jika dibuka, hanya akan bertahan selama 6 bulan.

Buah Kering © Diadona

7 dari 7 halaman

7. Kopi Bubuk

Kopi Bubuk © Diadona

Kopi bubuk merupakan salah satu bahan makanan yang punya waktu bertahan sampai 2 tahun. Bahkan, beberapa blog kedai kopi mengatakan jika wadah yang belum dibuka memiliki umur simpan hingga tak terbatas.

Namun, jika segel kemasan sudah dibuka, ada kemungkinan mengganggu kelembaban sehingga jamur bisa tumbuh.

Beri Komentar