Ini loh Cara Mudah Membuat Agar-Agar dari Sisik Ikan, yang Katanya Bisa Bikin Kulit Mulus!

Food | Selasa, 30 Juni 2020 13:35
Ini loh Cara Mudah Membuat Agar-Agar dari Sisik Ikan, yang Katanya Bisa Bikin Kulit Mulus!

Reporter : Inasa All Islamiya

Baru tahu kan kalau sisik ikan ternyata bisa dibuat agar-agar. Katanya sih, rasanya kenyal-kenyal gurih gitu.

Tahu gak sih kamu kalau ternyata sisik ikan juga bisa dimakan? Eits bukan sisik ikannya langsung sih. Tapi air rebusan sisik ikan yang ternyata bisa jadi agar-agar loh.

Kuliner yang satu ini memang lazim ditemui di China. Konon, agar-agar yang terbuat dari sisik ikan ini memiliki banyak banget kandungan khasiat loh. Mulai dari menghaluskan kulit sampai dengan melancarkan peredaran darah.

Cara bikinnya pun sederhana banget. Kamu hanya butuh sisik ikan yang harus direbus dengan daun bawah dan juga jahe. Tapi ingat ya, kamu harus memilih sisik dari ikan laut yang ukurannya sedang hingga besar.

Soalnya kalau dari sisik ikan-ikan kecil, katanya sih gak bakal bisa dijadiin agar-agar. Jadi jangan sembarang pakai sisik ikan ya. Yang perlu diperhatikan juga, bersihkan dulu sisik ikan sebelum direbus ya.

2 dari 4 halaman

      View this post on Instagram    

skala ikan, lebih enak dr ikan ???? ada yg tauu ???? . Jangan lupa Tag and Like . . #sukamakangile #doyanmakan #makanteruss #gagaldiett

A post shared by SUKA MAKAN (@sukamakangile) on

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Agar-Agar Sisik Ikan :
- Sisik Ikan 250 gram
- Daun Bawah 1 helai
- Jahe 4 irisan memanjang

Cara Membuat :
- Bersihkan sisik ikan
- Masukan ke dalam wadah panci
- Tambahkan air 500 ml
- Rebus hingga mendidih
- Pisahkan air rebusan dengan sisik ikan
- Tuangkan langsung dalam loyang
- Diamkan hingga jadi agar-agar

4 dari 4 halaman

Nah kan gampang banget cara buatnya. Katanya, agar-agar sisik ikan tersebut bisa langsung dimakan. Dijamin aroma amisnya sudah hilang kok, soalnya kan sudah direbus pakai daun bawang dan juga jahe.

Namun di China, agar-agar sisik ikan ini biasanya juga bisa dimakan dengan bahan campuran lain. Seperti saus rempah-rempah pedas yang kaya akan cita rasa. Wah kebayang sih gurihnya gimana.

Wajib coba nih. Soalnya selain enak, agar-agar ikan juga bisa bikin sehat luar dalam loh.

Join Diadona.id