Jangan Panik, Ini Tips Menggoreng Ikan Agar tak Menyiprat dan Matang Sempurna

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 16 Januari 2021 17:20
Jangan Panik, Ini Tips Menggoreng Ikan Agar tak Menyiprat dan Matang Sempurna
Terkadang, ikan memiliki sedikit kandungan air yang tersisa. Ketika bercampur dengan minyak panas, hal ini akan membuat minyak menyiprat ke mana-mana.

Menggoreng ikan mungkin adalah sesuatu yang sangat simpel. Namun, ketika melakukannya kita mungkin akan mengalami beberapa kesulitan. Salah satunya adalah minyak yang menyiprat dan juga ikan tak dalam keadaan matang sempurna.

Nah, gimana sih menggoreng ikan agar minyak tak menyiprat dan matang lebih merata? Yuk simak tipsnya!

1 dari 5 halaman

1. Tutup Wajan

Ilustrasi Ikan Goreng © Diadona

Cara yang paling sederhana adalah dengan menutup wajan ketika menggoreng ikan. Dengan begitu, kamu tak akan terkena cipratan minyak dari ikan yang sedang digoreng.

2 dari 5 halaman

2. Balur dengan Tepung

Ilustrasi Ikan Goreng © Diadona

Minyak yang menyiprat bisa jadi karena kandungan air yang tersisa dalam ikan, yang ketika bertemu dengan minyak akan membuat minyak menyiprat ke mana-mana. Balur ikan terlebih dahulu dengan tepung terigu. Tepung bisa meminimalisir kandungan air dalam ikan.

3 dari 5 halaman

3. Goreng dengan Minyak yang Banyak

Ilustrasi Ikan Goreng © Diadona

Dengan menggorengnya dalam minyak panas akan membuat ikan lebih matang merata. Selain itu, dengan menggorengnya dalam minyak yang banyak atau deep frying akan meminimalisir letusan minyak panas.

4 dari 5 halaman

4. Jangan Terlalu Cepat Membaliknya

Ilustrasi Ikan Goreng © Diadona

Hal yang paling sulit ketika menggoreng ikan adalah ketika membaliknya. Yang sering terjadi adalah ikan menempel di permukaan wajan.

Jangan terlalu cepat untuk membaliknya, tunggu sampai sisinya kering dan matang, barulah dibalik. Dengan begitu akan menghindari ikan yang menempel dan ikan akan matang dengan merata.

Beri Komentar