Jangan Tertipu, Ini Lho Perbedaan Beras Premium dengan Medium

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 24 Juni 2020 12:20
Jangan Tertipu, Ini Lho Perbedaan Beras Premium dengan Medium
Apa aja ya perbedaannya?

Beras atau nasi udah menjadi makanan pokok bagi masyarakat yang ada di Indonesia. Tidak heran jika beras di Indonesia mempunyai merk dan kualitas yang sangat beragam. Dari yang harganya murah hingga yang paling mahal.

Untuk jenisnya sendiri, di Indonesia ada beras Premium dan juga beras Medium. Meskipun beras ini mempunyai kualitas yang berbeda, namun secara tampilan kedua beras ini bisa dikatakan hampir mirip. Oleh karena itu, kamu perlu jeli untuk membedakannya, moms.

Kali ini, diadona.id akan membahas tentang perbedaan beras premium dan medium. Dilansir dari pertanian.go.id, berikut ulasannya!

1 dari 2 halaman

Beras Premium vs Medium

Ilustrasi Beras © Diadona

Untuk jenis beras Premium, kamu akan jarang menemukan beras yang pecah. Sementara untuk beras medium, masih banyak beras yang pecah, hancur, bahkan bentuknya tidak rata.

Selain itu, kamu kamu akan jarang menemukan gabah, batu, dan kulit ari dalam beras Premium. Sementara untuk beras kualitas medium, masih ada sisa gabah, batu dan kulit ari yang terkadang ikut di dalamnya.

Ilustrasi Beras © Diadona

Dilansir dari pertanian.go.id, beras juga diukur dari derajat sosoh. Pada beras premium, biasanya mencapai 100 persen. Hal ini berarti kulit ari pada beras akan terlepas seluruhnya. Sementara untuk beras medium ada yang 95 persen, 90 persen hingga 80 persen. Dengan begitu kamu masih akan menemukan beras yang belum lepas dari kulit arinya atau masih ada gabah di dalamnya.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Nasi © Diadona

Bagaimana kalau udah menjadi nasi? Beras premium dan medium setelah dimasak akan menjadi nasi dengan tampilan yang nggak jauh berbeda. Hal ini karena beras kepala sudah tercampur dengan beras yang patah sehingga dari segi tekstur tidak akan terlihat jauh berbeda.

Ilustrasi Beras © Diadona

Kandungannya pun juga sama antara keduanya. Baik Premium maupun medium mengandung nutrisi beras yang sama. Ya, perbedaan mereka hanya ada pada saat menjadi beras, apakah itu sudah 100 persen bersih atau masih terdapat batu, gabah, maupun kulit ari dalam beras.

Ilustrasi Nasi © Diadona

Soal harga, tentunya beras premium lebih mahal dibandingkan dengan beras medium. Beras premium biasa dijual dengan harga 10-12 ribu perkg. Bahkan ada yang dijual hingga 20 ribuan perkg. Sedangkan untuk beras medium masih berada di bawahnya.

Semoga bermanfaat.

Beri Komentar