Kacang Tanah Cepat Bau Tengik? Begini Cara Menyimpannya yang Baik dan Benar

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 23 November 2020 12:30
Kacang Tanah Cepat Bau Tengik? Begini Cara Menyimpannya yang Baik dan Benar
Beberapa tips memilih dan menyimpan kacang tanah ini bisa mengurangi risiko kacang tanah cepat tengik dan berjamur.

Kacang tanah adalah salah satu makanan yang sudah banyak ditemui di Indonesia. Selain menjadi cemilan, kacang tanah juga biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan, bumbu, dan lain sebagainya.

Sayangnya, banyak dari kita yang terkadang kurang paham bagaimana cara menyimpan kacang tanah yang baik dan benar. Alhasil, kacang tanah jadi cepat berjamur dan berbau tengik. Lalu, bagaimana cara menyimpan kacang tanah agar lebih awet dan bebas jamur?

1 dari 8 halaman

Perhatikan Kualitas Kacang

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Ketika membeli kacang tanah di pasar atau toko, pastikan kualitas kacang tanah. Pilihlah yang masih segar dan tak berbau tengik. Perhatikan juga permukaan kulit ari kacang tanah. Apabila terlihat bercak noda warna abu-abu, maka kualitas kacang bisa dipastikan kurang begitu bagus.

2 dari 8 halaman

Catat Tanggal Pembelian

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Kacang tanah dalam kemasan umumnya hanya bertahan selama tiga bulan. Oleh karena itu, kamu perlu mengingat atau mencatat tanggal belinya. Jika sudah lebih dari kurang lebih tiga bulan, bisa saja jamur telah tumbuh di permukaan kacang tanah.

3 dari 8 halaman

Jemur di Bawah Sinar Matahari sebelum Disimpan

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Setelah membelinya, kamu bisa menghilangkan kadar air yang tersisa dari kacang tanah. Salah satu caranya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Pancaran sinar matahari akan mengeringkan air dalam kacang tanah. Hal ini akan mencegah kacang mudah bertunas dan tengik.

4 dari 8 halaman

Panggang Dalam Oven

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Selain dijemur, kamu juga bisa memanggangnya dalam oven. Memanggang dalam oven dinilai lebih efisien. Selain lebih awet, kamu juga bisa langsung menggunakannya saat dibutuhkan.

5 dari 8 halaman

Simpan di Tempat Kedap Udara

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Setelah menghilangkan kadar air yang tersisa dari kacang tanah, pastikan untuk menyimpan kacang tanah di tempat yang kedap udara. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan jamur. Selain itu, hindari tempat yang lembab. Tempat yang lembab akan membuat kacang tanah lebih mudah tengik dan berjamur.

6 dari 8 halaman

Simpan dalam Freezer

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Setelah disimpan dalam wadah kedap udara, kamu bisa menyimpannya dalam freezer. Dengan begini, kacang tanah akan jauh lebih awet dan tak mudah tengik. Ketika ingin menggunakannya, kamu hanya perlu meletakkan kacang tanah dalam suhu ruang dalam keadaan wadah masih tertutup.

7 dari 8 halaman

Tambahkan Potongan Serai

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Kamu juga bisa menambahkan potongan serai untuk membuat kacang tanah lebih awet. Serei memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan kacang tanah. Selain itu, serei juga bisa membuat wangi kacang.

Beri Komentar