Keren, Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 8 Maret 2021 10:36
Keren, Rawon Dinobatkan Jadi Sup Terenak se-Asia!
Rawon berada di posisi pertama sup terenak se-Asia.

Siapa sih yang nggak pernah mendengar makanan bernama rawon? Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal.

Bahkan popularitas rawon membuat masyarakat nggak hanya bisa menyantapnya di daerah Jawa Timur saja, tapi juga di banyak kota di Indonesia. Selain menarik masyarakat lokal, ternyata kenikmatan rawon juga berhasil menarik perhatian dunia.

Buktinya baru-baru ini rawon dinobatkan sebagai sup tereka se-Asia lho! Keren banget nggak sih?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Rawon Jawa Timur © Diadona

Dilansir dari Kompas.tv, sebuah survei dari TasteAtlas tentang makanan dilakukan oleh kritikus restoran profesional dan 63.402 panelis. Hasilnya menobatkan rawon sebagai sup paling enak se-Asia.

TasteAtlas adalah situs yang mengulas banyak makanan di dunia. Dilansir dari Seasia.co, rawon menempati posisi pertama dari 12 sup terenak di dunia.

2 dari 3 halaman

Dalam penilaian tersebut, rawon berhasil mengalahkan Bulalo yang dikenal sebagai sup daging asal Filipina. Bulalo akhirnya menduduki posisi kedua pada survei tersebut.

Nggak hanya itu, rawon juga berhasil mengalahkan sup khas Malaysia yaitu Penang Laksa dan Asam Laksa pada posisi keempat dan kelima. Kelezatan rawon terbukti berhasil mengambil hati para juri.

3 dari 3 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by Good News From Southeast Asia (@seasia.co)

Rawon merupakan makanan Indonesia yang diolah menggunakan beragam bumbu dan rempah. Warna hitamnya diperoleh dari penggunaan kluwek dalam proses memasaknya.

Rawon memberikan cita rasa yang manis, gurih dan legit. Nggak heran kalau survei tersebut memilih rawon sebagai pemenangnya.

Selain itu, survei yang dilakukan TasteAtlas ternyata nggak hanya menobatkan rawon sebagai sup terenak. Gulai cincang berhasil menempati pisisi ketiga dan satur asem berada di posisi ke-12.

Keren banget ya! Gimana menurut kamu?

Beri Komentar