Keren, Startup Asal Indonesia Ini Ajak Masyarakat Makan Gelas Untuk Selamatkan Bumi

Reporter : Nasa
Rabu, 28 Oktober 2020 14:11
Keren, Startup Asal Indonesia Ini Ajak Masyarakat Makan Gelas Untuk Selamatkan Bumi
Hah makan gelas?

Persoalan limbah plastik kini menjadi masalah yan dihadapi oleh berbagai negara di seluruh dunia. Tak heran kalau banyak pihak yang mulai berlomba-lomba mendatangkan solusi dengan menghadirkan beragam inovasi.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh startup asal Indonesia, yang dikenal sebagai Evoware. Nah, Evoware ini adalah salah satu startup asal Indonesia yang menghadirkan solusi ramah lingkungan.

Pada 2016 silam, Evoware merilis produk-produk ramah lingkungan untuk penunjang industri kuliner, yakni berupa gelas yang bisa dikonsumsi. Gelas yang bisa dimakan ini diciptakan untuk mengganti gelas plastik yang kadung sering digunakan.

Selain gelas plastik, Evoware juga menghadirkan inovasi kemasan untuk snack dan juga minuman sachet yang 'edible' nih. Kira-kira apa ya bahan dasar yang digunakan untuk membuat gelas dan kemasan yang edible ini?

1 dari 4 halaman

Gunakan Rumput Laut

Inovasi kemasan yang bisa dimakan Ello Jello © Diadona

Evoware ini didirikan oleh seorang pemuda Indonesia bernama David Christian pada 2015 silam. David yang sempat menempuh studi selama beberapa tahun di Kanada ini mulanya risau dengan pencemaran air yan terus terjadi di Jakarta.

Kegalauan David ini bertambah setelah mengetahui bahwa ada sejumlah pabrik plastik yang juga menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga memperburuk pencemaran lingkungan, baik itu di air maupun di udara.

Belum lagi, plastik yang digunakan seringkali dibuang langsung ke laut yang membuat hewan-hewan laut jadi terkontaminasi oleh bahaya plastik. Nah berkat kegalauan itu, David akhirnya tercetuslah ide gelas dan kemasan bisa dikonsumsi.

2 dari 4 halaman

Inovasi Gelas yang Bisa Dimakan © Diadona

Nah, bahan utama pembuatan gelas dan juga kemasan yang bisa dimakan ternyata menggunakan rumput laut. Menariknya, bahan rumput laut di Indonesia ini sebenarnya sangat mudah didapatkan. Bahkan cenderung kurang dimanfaatkan secara maksimal.

Faktanya, para petani rumput laut di Indonesia mayoritas hidup dibawah garis kemiskinan. Hal ini juga mendoronga David untuk bisa sekaligus memberdayakan para petani rumput laut melalui produksi produk ramah lingkungannya.

3 dari 4 halaman

Ello Jello

Inovasi Gelas yang Bisa Dimakan © Diadona

Produk inovasi Evoware ini diberi nama Ello Jello. Selain bisa diguakan untuk beragam kebutuhan, inovasi gelas dan kemasan yang bisa dikonsumsi ini sejatinya bisa digunakan untuk beragam produk.

Soalnya produk Ello Jello ini bisa hancur dengan sendirinya secara alami selama kurang lebih 30 hari. Produk Ello Jello ini disebut juga sudah tersertifikasi halal, jadi cocok banget kalau diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia.

Namun, dari segi harga produk Evoware ini masih cukup 'pricey'. untuk per cup ukuran 10 cm harganya masih sekitar Rp 20 ribuan. Sedang kalau pembelian skala besar tentunya bisa jauh lebih murah.

Nah gimana nih, kamu tertarik untuk mengggunakan produk Ello Jello ini?

Beri Komentar