Lagi Ngehits, Ini Resep Croffle yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 10 Juli 2021 11:20
Lagi Ngehits, Ini Resep Croffle yang Bisa Kamu Bikin Sendiri di Rumah
Perpaduan antara Croissant dan Waffle ini sekarang bisa kamu bikin sendiri di rumah!

Croffle adalah salah satu kuliner yang sedang ngehits di Indonesia. Makanan perpaduan antara Croissant dan juga Waffle ini ternyat udah terlebih dahulu booming di Korea Selatan.

Kini Croffle sudah banyak ditemui di berbagai cafe di Jakarta. Nah, karena sekarang sedang diterapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Jawa dan Bali, gak ada salahnya bikin sendiri kuliner-kuliner hits di rumah.

Nah, gimana kalau sekarang kita bikin sendiri Croffle di rumah. Gimana cara bikinnya? Yuk kita intip!

1 dari 5 halaman

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 20 gram gula pasir
  • 20 gram mentega beku
  • 6 gram susu skim
  • 4 gram ragi instan
  • 2 butir telur
  • 100 gram air hangat
  • sejumput garam

2 dari 5 halaman

Cara Masak:

Ilustrasi Croffle © Diadona

1. Tuang air hangat dan ragi ke dalam wadah, aduk sampai merata. Tutup wadah dan diamkan sebentar sampai raginya berbuih.

2. Pada wadah berbeda, masukkan tepung terigu bersama gula pasir, susu skim, mentega, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur merata. Masukkan sedikit telur ke dalam adonan ragi.

3. Jika adonan ragi udah jadi, masukkan adonan tepung tadi ke dalamnya. Aduk dengan spatula kayu hingga tercampur merata dan padat.

4. Setelah itu, tuang adonan adonan ke atas meja yang sudah dilapisi plastik. Uleni adonannya hingga kalis dan elastis. Kalau sudah, masukkan kembali ke dalam wadah, tutup dengan kain, diamkan selama 30 menit hingga mengembang.

3 dari 5 halaman

5. Sambil menunggu adonan, pipihkan mentega beku dengan rolling pin. Kalau sudah, masukkan ke dalam ziplock dan simpan di kulkas selama 15 menit.

6. Keluarkan adonan roti dan pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis. Letakkan potongan mentega di atasnya, lalu lipat adonan hingga tertutup rapat.

7. Giling kembali adonan, agar menteganya gak mudah keluar saat dimasak. Lakukan sampai adonan dan mentega habis. Diamkan adonan di suhu ruangan selama 30 menit.

8. Gulung adonan dari bagian bawah sampai ke atas sampai membentuk sebuah croissant. Diamkan sebentar lagi, lalu siapkan alat waffle di atas meja.

9. Panaskan sebentar, olesi cetakan dengan sedikit mentega. Letakkan adonan pada cetakan waffle, tekan secukupnya, tanpa membuat bagian dalamnya keluar. Jika sudah kecokelatan, segera angkat. Sajikan croffle dengan sirup maple atau es krim.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Croffle © Diadona

Nah, itulah tadi cara membuat Croffle, kuliner yang lagi ngehits di Korea. Selamat mencoba, ya!

Beri Komentar