Lezatnya Barbeque Sambal Stingray Singapura ala Chef Amy dan Chef Bob yang Bisa Dibikin di Rumah

Food | Jumat, 17 September 2021 18:16

Reporter : Bagus Prakoso

Bayangkan kembali cita rasa Singapura di rumah dengan membuat Barbeque Sambal Stingray.

Di masa pandemi ini bagi para traveler memang sesuatu yang cukup berat. Pasalnya, kita dibatasi bahkan harus menunda dulu liburan ke tempat yang kita inginkan. Salah satu tempat yang harus ditutup terlebih dahulu untuk wisatawan adalah Singapura. Padahal, Singapura merupakan salah satu negara wisata terbaik di Asia Tenggara untuk para pelancong di Indonesia.

Salah satu hal yang cukup digemari di Singapura adalah wisata kulinernya. Banyak kuliner-kuliner unik khas negeri singa tersebut yang bikin para pelancong Indonesia kangen.

Untuk bisa membuat masyarakat Indonesia membayangkan kembali cita rasa Singapura yang dirindukan, Singapore Tourism Board membuat event Singapore Food Festival (SFF) yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. SFF 2021 lalu diadakan pada tanggal 27 Agustus – 12 September, namun kamu masih dapat menyaksikan video dari 18 Live Masterclass yang diadakan kemarin dan juga kamu masih dapat mengikuti Virtual Food Tour ke Tiong Bahru dan Little India lewat website resmi Singapore Food Festival 2021 di www.singaporefoodfestival.sg !

Nah, di episode Diamasak spesial SFF 2021 kali ini, Chef Amy kembali menyapa masyarakat dan akan membuat salah satu menu andalan khas cita rasa Singapore. Yaitu Barbeque Sambal Stingray. Gak sendirian, kali ini Chef Amy Zein bakal ditemani Chef Bob seorang chef dari Singapura, loh. Gimana cara bikinya? Yuk kita intip keseruan mereka!

Lezatnya Barbeque Sambal Stingray Singapura ala Chef Amy dan Chef Bob yang Bisa Dibikin di Rumah
2 dari 5 halaman

Bahan

  • 500 gram Ikan Pari
  • 1 batang Daun pisang
  • Jeruk Limo
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Kaldu Jamur
  • Secukupnya Gula
  • Secukupnya minyak
  • Bumbu Halus :
  • 20 gram Cabe Kering (rendam air panas 30 menit)
  • 20 gr Terasi Sangrai
  • 80 gr Cabe Merah
  • 40 gr Serai
  • 150 gr Bawang merah
  • 60 gr Bawang putih
  • 40 gr Gula merah
  • 2 sdm Asam Jawa (larutkan dgn 3 sdm air hangat)
3 dari 5 halaman

Cara Membuat

1. Cuci Ikan Pari. Potong dengan potongan besar. Bumbui dengan garam, marinasi selama 15 menit. Nah, untuk menghilangkan bau amis pada ikan pari, Chef Bob punya tips unik yakni membilas dengan air dan garam sebelum dimasak. Kemudian, buat irisan di sisi atasnya.

2. Tumis bumbu halus dengan minyak, tambahkan 1 sdt garam, kaldu jamur. Masak sampai bumbu harum dan sampai minyaknya terpisah. Angkat.

3. Siapkan wajan atau teflon. Beri sedikit minyak. Letakkan daun pisang ke dasar wajan dan ikan pari diatasnya sambil poles bumbu tumis diatasnya. Lakukan juga di sisi sebelahnya sampai Ikan Pari matang dan agak kering bagian atasnya.

4. Angkat. Siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Sedikit fakta tentang Barbeque Sambal Stingray, makanan ini merupakan salah satu makanan terkenal di Singapura untuk orang lokal dan para turis. Barbeque Sambal Stingray sendiri banyak ditemukan di Hawker Centers. Biasa disajikan di atas daun pisang, yang dipercaya bisa bikin makanan semakin harum.

Cukup simpel bukan Barbeque Sambal Stingray ini. Kini kita bisa bayangkan kembali cita rasa Singapura di rumah dengan membuat Barbeque Sambal Stingray. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir agar masyarakat Indonesia bisa mencicipi kembali Barbeque Sambal Stingray di negeri asalnya, di Singapura.

5 dari 5 halaman

Singapore Food Festival

Singapore Food Festival merupakan salah satu festival kuliner terbesar di Singapura. Meskipun kita belum bisa ke Singapura dan merasakan secara langsung keseruan Singapore Food Festival, namun kita masih bisa mengikuti keseruannya, loh.

Sebelumnya, kita telah mengikuti beberapa kelas memasak yang dihadiri oleh beberapa Chef ternama dengan berbagai sajian yang tentu saja bikin ngiler para penikmat kuliner Singapura. Di episode pertama, kita sudah mencicipi dan mencoba resep simple Oyster Omelette yang dibuat langsung oleh Chef Vindex Tengker.

Kemudian di Episode 2, kita juga telah menjajal Stir Fried Carrot Cake ala Chef Amy Zein. Stir Fried Carrot Cake sendiri merupakan hidangan gurih yang terbuat dari lobak atau white radish yang dipotong dadu dan digoreng dengan telur dan bumbu. Kuliner unik satu ini mudah ditemui di Hawker Centre , pusat jajanan Singapura. Seperti apa sih resepnya? Simak di sini, ya!

Di episode 3, kita bisa mencicipi Mie Sedaap Selection Spicy Laksa, kuliner Singapura yang bisa dibikin sendiri di rumah. Tak perlu jauh-jauh ke Singapura, kelezatan Laksa khas Singapura bisa kamu nikmati di rumah sendiri. Gimana sih cara asyik bikin Laksa Singapura? Simak selengkapnya di sini!

Bagi yang ketinggalan dengan 3 Live Masterclass kemarin, gak perlu khawatir, kamu masih bisa mengikuti sesi virtual food tour yang bisa diakses di website SFF 2021 di www.singaporefoodfestival.sg dan juga Facebook Page: SINGAPORE FOOD FESTIVAL 2021.

Nah, tentunya, keseruan Live Masterclass and Virtual Food Tour di episode 4 ini gak kalah dengan episode-episode sebelumnya. Seperti apa keseruan Chef Amy Zein Bersama Chef Bob kemarin? Tonton selengkapnya di sini, ya, diazens!

Join Diadona.id