Lezatnya Shirouo no Odorigui, Sensasi Makan Ikan Hidup ala Jepang!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 10 Agustus 2020 17:20
Lezatnya Shirouo no Odorigui, Sensasi Makan Ikan Hidup ala Jepang!
Ikan kecil ini disantap dalam keadaan masih hidup sehingga ada sensasi rasa bergerak di lidah. Berani Coba?

Jepang memang terkenal memiliki kuliner-kuliner yang unik. Makanan yang menjadi ciri khas bahkan ada di setiap sudut kota Jepang adalah ikan. Olahannya pun juga beragam. Mulai dari tempura yang digoreng hingga Sashimi yang dimakan mentah.

Meskipun mentah, sashimi yang dimakan adalah ikan tuna yang sudah dipotong menjadi kecil dan sesuai dengan porsi sekali makan. Namun, bagaimana jika mengonsumsi ikan yang masih hidup?

Ya, Shirouo no Odorigui adalah salah satu makanan yang terbilang ekstreme dan unik. Pasalnya, kamu akan memakan langsung ikan kecil tersebut dalam keadaan masih hidup. Seperti apa ya makanan ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Shirouo no Odorigui © Diadona

Shirouo no Odorigui memang diambil dari kata Odorigui yang mengacu pada perasaan makan makhluk laut hidup, atau mereka biasa menyebut dengan kiasan " makan sambil menari" . Shirouo no Odorigui sendiri adalah sensasi makan ikan transparan berukuran kecil yang masih hidup.

Melansir dari Atlas Obscura, makanan ini ternyata cukup terkenal di Prefektur Fukuoka, Jepang. Pengunjung akan menyantap ikan ini yang dikenal sebagai ikan Ice Goby. Menyantapnyapun juga hanya disajikan dengan sedikit kecap. Sehingga kamu akan tetap bisa merasakan bagaimana ikan Ice Goby ini menggeliat di lidah hingga tenggorokanmu.

 

2 dari 2 halaman

Shirouo no Odorigui © Diadona

Banyak spekulasi tentang kapan orang Fukuoka mengonsumsi ikan ini. Beberapa orang menganggap orang Fukuoka sudah mengonsumsi Shirouo no Odorigui sejak 300 tahun lalu.

Konon katanya, para petani yang sedang minum sake di tepi sungai mulai mengambil segenggam ikan segar langsung dari air. Kemudian, mereka hanya membasuh hewan kecil itu dengan arak beras. Ternyata, mereka mengonsumsinya secara langsung bukan tanpa alasan. Mereka menganggap ikan Ice Goby akan membusuk dengan cepat setelah dibunuh. Dengan mengonsumsinya secara langsung akan lebih aman dan nutrisi lebih banyak didapat.

Beberapa daerah di Jepang juga biasa mengolah Shirouo no Odorigui. di Prefektur Yamaguchi, mereka mengganti ikan Ice Goby dengan ikan teri. Selain itu, ada juga restoran yang menyajikan olahan Ice Goby dengan demasak. Namun, harganya lebih murah dan tampilannya kurang menarik.

Tertarik untuk memakan kuliner unik dan ekstreme satu ini?

Beri Komentar