Masih Eksis, 10 Makanan Tertua di Dunia Ini Tetap Dikonsumsi Sampai Sekarang!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 16 September 2020 19:20
Masih Eksis, 10 Makanan Tertua di Dunia Ini Tetap Dikonsumsi Sampai Sekarang!
Makanan ini bahkan tetap nge-hits sampai saat ini.

Kehidupan manusia memang tidak lepas dari makanan. Makanan menjadi kebutuhan sejak manusia diciptakan.

Nah, ternyata ada beberapa makanan yang ternyata udah berusia ribuan tahun dan masih tetap eksis hingga saat ini. Apa aja sih makanan itu? Yuk kita simak.

1 dari 10 halaman

1. Keju

Ilustrasi Keju © Diadona

Keju adalah salah satu makanan tertua di dunia. Bahkan usianya lebih dari 7.000 tahun, lho. Meskipun sudah berusia ribuan tahun, Keju tetap menjadi makanan yang masih dikonsumsi hingga detik ini.

2 dari 10 halaman

2. Cheesecake

Ilustrasi Cheesecake © Diadona

Cheesecake atau kue keju juga salah satu makanan yang ternyata udah tua, lho. Makanan ini ditemukan sekitar 2.000 tahun, lho. Dulu, Cheesecake sederhana terbuat dari campuran tepung, keju lembut, dan madu. 

3 dari 10 halaman

3. Pancake

Ilustrasi Pancake © Diadona

Pancake ternyata juga salah satu makanan yang udah tua banget, lho. Menu sarapan ini diketahui udah berusia sekitar 3.000 tahun. Hal ini diketahui dari para peneliti yang melihat pancake gandum telah dikonsumsi mumi yang menjadi salah satu makanan terakhirnya.

4 dari 10 halaman

4. Kari

Ilustrasi Kari © Diadona

Menurut para peneliti, makanan khas India ini dikabarkan sudah ada sejak 2.600 sebelum masehi. Bumbu yang digunakan sama, yakni aneka rempah-rempah seperti jinten, kunyit, lada, ketumbar, dan lain sebagainya.

5 dari 10 halaman

5. Stew

Stew © Diadona

Stew atau rebusan adalah makanan berkuah kental campuran daging dan sayuran. Makanan ini udah ada sejak 7.000 - 8.000 tahun lalu. Para arkeolog membuktikan jika suku Amazon menggunakan cangkang karang sebagai peralatan untuk membuat stew.

6 dari 10 halaman

6. Wine

Ilustrasi Wine © Diadona

Wine atau anggur adalah minuman beralkohol yang ternyata udah ada sejak zaman romawi kuno. Banyak berbagai bukti jika minuman ini eksis sejak zaman sebelum masehi. Temuan terakhir membuktikan jika ada botol wine yang sudah disimpan selama 1650 tahun.

Wine tetap dikonsumsi hingga saat ini dan menjadi minuman mewah di restoran-restoran mahal.

7 dari 10 halaman

7. Roti

Ilustrasi Roti © Diadona

Roti adalah makanan yang banyak ditemui hingga saat ini. Roti ternyata sudah berusia sekitar 14.400 tahun. Para peneliti menemukan hal ini di situs bersejarah Shubayqa 1 di Yordania.

Para peneliti menemukan sisa bahan makanan yang disajikan dalam acara keagamaan pada saat itu. Dalam puing-puing, terdapat beberapa tulang hewan hingga potongan roti tanpa ragi.

8 dari 10 halaman

8. Cokelat

Ilustrasi Cokelat © Diadona

Cokelat adalah salah satu makanan yang ternyata juga sudah berusia ribuan tahun. Hal ini ditemukan para ilmuan jika produksi cokelat pertama dilakukan oleh orang-orang Olmec kuno di Meksiko.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa akar tumbuhan cokelat pertama kali ditemukan di Amerika Serikat, ketika mereka hendak menguji bagian dalam pot untuk theobromine kimia. Mereka menemukan adanya indikator cacao.

9 dari 10 halaman

9. Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu juga salah satu makanan yang udah ada bahkan sejak 5.500 tahun yang lalu. Madu bahkan masih tetap kita konsumsi sampai saat ini.

10 dari 10 halaman

10. Popcorn

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Jadi cemilan pendamping bioskop, ternyata popcorn adalah salah satu makanan yang udah ada sejak lebih dari 9.000 tahun lalu. Seorang mahasiswa dari Harvard University bahkan menemukannya saat melakukan ekspedisi dalam guua di New Meksiko. Hasil penelitian itu mengungkap jika popcorn tidak hanya dikonsumsi, melainkan jadi hiasan baju hingga rambut.

Beri Komentar