Masuk Buku Rekor, Ham Termahal di Dunia Ini Harganya Mencapai Rp 62 juta

Food | Sabtu, 27 Juni 2020 08:20
Masuk Buku Rekor, Ham Termahal di Dunia Ini Harganya Mencapai Rp 62 juta

Reporter : Bagus Prakoso

Ada yang berminat?Manchado de Jabugo

Ham adalah olahan daging dari kaki babi yang diiris tipis tipis seperti kertas. Jenis Jamon Iberico Ham ini adalah jenis ham yang paling mahal. Bagaimana tidak, harga normal dari Iberico Ham saja bisa mencapai Rp 16,4 juta per 6,8 kilogramnya.

Nah, ternyata ada ham jenis ini yang punya harga lebih mahal lagi lho. Bahkan jenis ham ini jadi yang termahal di dunia dan masuk buku rekor. Namanya adalah Manchado de Jabugo. Harganya nggak main-main, harganya mencapai Rp 62 juta, lho. Seperti apa sih bentuknya? Yuk kita simak!

2 dari 3 halaman

 Iberico HamIberico Ham © unsplash.com / @kovacsz1

Ham ini adalah ham jenis Iberico Ham, yakni ham yang diawetkan dan berasal dari Spanyol dan Portugal. Iberico ham ini dibuat dari berbagai jenis babi. Namun yang menjadi perhatian adalah babi hanya boleh memakan biji-bijian selama periode terakhir hidupnya.

Ham jenis ini juga memiliki beberapa klasifikasi. Dan yang dianggap terbaik adalah yang memiliki black label.

Kemudian daging ini juga diawetkan kurang lebih 36 bulan.

3 dari 3 halaman

Harga Termahal Rp 62 juta

 Manchado de JabugoManchado de Jabugo © youtube.com / Historias de Luz

Nah, ternyata ada jenis yang paling mahal dari ham ini. Yakni Manchado de Jabugo. Jenis ini bahkan mendapat gelar dari Guiness World Records sebagai kaki ham yang paling mahal. Ham ini bahkan dijual dengan harga Rp 62 juta pada 20 Maret 2016 lalu.

Ternyata, prosesnya yang membuatnya menjadi mahal. Yakni babi-bai ini akan dipelihara selama tiga tahun dengan pola makan biji-bijian. Kemudian, kaki mereka akan diawetkan dan diproses lagi hingga enam tahun lamanya. Dan jadilah ham termahal di dunia ini.

Bagaimana? Berminat untuk mencobanya?

Join Diadona.id