Mencicipi Kue Lapan Jam, Jajanan Khas Palembang yang Dibuat Lama Sesuai Namanya!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 27 Oktober 2020 17:20
Mencicipi Kue Lapan Jam, Jajanan Khas Palembang yang Dibuat Lama Sesuai Namanya!
Kue ini benar-benar dibuat selama 8 jam?

Indonesia banyak memiliki kuliner yang sangat beragam. Dari Sabang sampai Merauke, kuliner Indonesia memang nggak ada habisnya.

Salah satunya adalah seperti di Palembang. Palembang terkenal dengan makanan uniknya seperti pempek. Namun, ada salah satu makanan unik lain yang berasal dari kota ini. Ya, namanya adalah kue Lapan Jam. Seperti apa kuliner satu ini?

1 dari 2 halaman

Kue Lapan Jam

Kue Lapan Jam © Diadona

Kue unik ini bernama kue Lapan jam. Sesuai dengan namanya, Kue ini sejatinya memang dibuat dengan lama kurang lebih delapan jam.

Kue ini punya rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Melansir dari berbagai sumber, lembutnya tekstur kue lapan jam ini karena bahan yang dibuatnya.

Untuk membuat kue Lapan Jam ini, kamu memerlukan puluhan butir telur, gula pasir, susu kental manis, dan mentega, yang dicampur menjadi satu.

Nah, kemudian adonan tersebut dikukus. Untuk lamanya, sesuai dengan namanya, kue ini harus dikukus selama delapan jam. Melalui proses pengukusan yang lama, hasil dari kue ini adalah tekstur kue yang sangat lembut dengan warna kecokelatan.

Uniknya, berbagai ciri khas kue lapan jam membuatnya bisa dibedakan jika adonan tidak benar-benar diproses selama delapan jam.

Untuk saat ini makanan ini tengah banyak ditemukan di pasar, apalagi jika ada perayaan hari besar.

2 dari 2 halaman

Sejarah Kue Lapan Jam

Kue Lapan Jam © Diadona

Ternyata, meskipun kini kue Lapan Jam sering ditemui di pasaran, Kue Lapan Jam dulunya dalah makanan yang nggak bisa dinikmati semua orang lho. Hanya orang-orang bangsawan saja yang bisa menikmati kue lapan jam ini.

Sekarang, kue Lapa Jam sering disajikan di Palembang saat peringatan hari besar. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar