Mengenal Minari, Sayuran khas Korea yang Jadi Judul Film

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 19 Maret 2021 14:20
Mengenal Minari, Sayuran khas Korea yang Jadi Judul Film
Jadi nama Film, apa sih sebenarnya Minari itu?

Film Korea 'Minari' memperoleh enam nominasi di ajang piala Oscar 2021. Film garapan sutradara Lee Isaac Chung ini meraih nominasi untuk kategori Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actress, Best Original Screenplay, dan Best Original Score.

Namun, yang akan kita bahas kali ini bukan film tersebut, melainkan sayuran Minari yang menjadi inspirasi judul film tersebut.

Bagi yang belum tahu, Minari merupakan sayuran Khas Korea. Seperti apa bentuknya? Seperti apa rasanya dan apa saja khasiatnya? Yuk kita intip!

1 dari 4 halaman

Sayur Minari

Minari © Diadona

Sayur Minari merupakan sayuran bertangkai panjang dengan daun yang mirip peterseli. Rupanya, sama seperti peterseli, rasa dari Minari ini lembut dan meninggalkan sensasi rasa pedas.

Melansir dari CNN, dalam bahasa Inggris, sayuran ini dikenal dengan nama water dropwort, chinese celery, Indian pennywort, Japanese parsley. Di bahasa Korea sendiri 'Mi' berarti air dan 'nari' berarti sayur.

Minari biasa tumbuh pada awal musim semi dan tumbuh paling subur di bagian selatan korea Selatan. Minari mulai dibudidayakan di daerah tersebut pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Saat itu, Minari ditanam secara khusus di sawah dan rumah kaca.

2 dari 4 halaman

Sejarah Minari

Sejak zaman dinasti Joseon, makanan telah jadi obat, dan sayuran ini diburu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Minari dipercaya sebagai agen detoksifikasi dan digunakan untuk mengobati demam, dehidrasi, dan juga tekanan darah tinggi.

Sayuran ini sering ditampilkan dalam masakan istana kerajaan Korea, terutama melalui hidangan yang disebut minari ganghwe.

Sajian ini berupa hidangan daging yang dicampur dengan cabai merah dan juga telur yang diikat jadi bundel kecil dengan Minari berwarna pucat sebagai pitanya.

Awalnya, Minari merupakan makanan yang hanya disantap oleh bangsawan. Makin ke sini, Minari kini dikenal di kalangan rakyat jelata dan menjadi bagian dari kuliner unik Korea.

3 dari 4 halaman

Hidangan Minari

Minari © Diadona

Minari biasa menjadi hiasan sup ikan pedas. Minari juga populer diolah jadi salah satu topping BBQ Korea. Ada juga yang mengolah Minari menjadi banchan atau Minari Muchim, yang mana sayurannya hanya direbus dan dibumbui dengan bawang putih, kecap, dan minyak wijen.

BBQ Korea © Diadona

Ada juga yang memasaknya dalam jeon atau sejenis Pancake khas Korea. Bahkan Minari juga jadi bagian dalam campuran bimbimbap.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minari

Minari punya banyak manfaat. Minari tinggi vitamin A dan B, kalium, dan kalsium. Minari bahkan kini digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit dan sebagai salep anti-inflamasi. Minari juga bisa digunakan sebagai obat gatal.

Minari diyakini bisa menghilangkan potensi racun pada ikan dan juga aliran darah akibat minum alkohol. Maka dari itu, minari banyak digunakan sebagai campuran dalam sajian sup Ikan pedas dan obat pengar.

Itulah fakta singkat seputar Minari, sayuran unik yang menginspirasi film 'Minari'. Ingin mencobanya?

Beri Komentar