Mengolah Sendiri Daging Kambing Kurban di Rumah, Ini 8 Cara Biar nggak Alot dan Bau Prengus!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 29 Juli 2020 17:20
Mengolah Sendiri Daging Kambing Kurban di Rumah, Ini 8 Cara Biar nggak Alot dan Bau Prengus!
Daging kambing memang identik dengan bau prengus dan alot.

Idul Adha memang identik dengan olahan daging kambing. Bagi sebagian orang, daging kambing dianggap sebagai olahan yang punya bau prengus atau kurang sedap. Nggak heran jika beberapa orang kurang doyan dengan daging ini. Selain itu, daging kambing punya tekstur yang lebih keras dibandingkan daging sapi.

Padahal, jika diolah dengan baik dan benar, daging kambing akan menjadi olahan yang sangat enak dan menggiurkan. Lalu, bagaimana cara memasak daging kambing agar tidak bau dan alot?

Kali ini, diadona.id akan membahas cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus atau amis. Seperti apa caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 9 halaman

1. Marinasi daging kambing

Ilustrasi Daging © Diadona

Cara memasak daging kambing yang bisa kamu lakukan pertama adalah dengan memberinya marinasi. Kamu bisa menghaluskan terlebih dahulu bahan-bahan seperti nanas, daun pepaya, atau rempah-rempah seperti asam jawa ataupun belimbing wuluh. Kemudian mengoleskannya ke daging. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu bersihkan menggunakan tisu hingga kering.

2 dari 9 halaman

Jangan cuci daging kambing

Ilustrasi Daging Kambing © Diadona

Setelah memarinasi, jangan mencucinya dengan air. Ingat! bersihkan saja menggunakan tisu hingga kering. Air justru akan membuat aroma makin menyengat.

3 dari 9 halaman

Potong daging kambing dengan cara yang tepat

Ilustrasi Daging © Diadona

Agar daging tidak alot, kamu perlu memotongnya dengan cara yang tepat. Memotong yang baik dilakukan dengan memotong secara berlawanan dengan seratnya. Jika memotong daging mengikuti serat akan justru membuat daging lebih alot.

4 dari 9 halaman

Buang Lemak pada daging kambing

Ilustrasi Daging Kambing © Diadona

Untuk menghilangkan bau prengus pada daging, alangkah baiknya untuk membuang sebagian lemak pada daging kambing.

5 dari 9 halaman

Jangan buang lapisan daging putih

Ilustrasi Daging Kambing © Diadona

Mungkin banyak yang akan menghilangkan lapisan putih pada daging. Namun jika kamu menyisakan sedikit lapisan putih pada daging akan membuat rasa daging menjadi lebih gurih.

6 dari 9 halaman

Jauhkan dari jeroan

Ilustrasi Daging Kambing © Diadona

Sebelum menyimpannya daging kambing, usahakan untuk menjauhkannya dari jeroan. Bau yang paling prengus adalah dari jeroannya. Jika disimpan di tempat yang sama, bau prengus pada jeroan akan menempel pada daging segar.

7 dari 9 halaman

Olah daging menggunakan daun pepaya

daun pepaya © Diadona

Cara mengolah daging supaya empuk dan tidak bau bisa juga menggunakan daun pepaya. Setelah membersihkan daging, kamu bisa juga menyimpannya dengan dibungkus daun pepaya. Hal ini supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat.

8 dari 9 halaman

Taburi Garam

Ilustrasi Daging © Diadona

Cara mengolah daging agar tidak bau dan alot juga bisa dengan garam. Sebelum disimpan, kamu bisa menaburinya dengan garam secara merata. Diamkan selama satu jam untuk menetralkan bau darah pada daging kambing. Setelah itu bersihkan kembali dan bisa diolah.

Beri Komentar