Menilik Asal Muasal Hawaiian Pizza yang Ternyata Bukan dari Hawaii!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 11 Desember 2020 18:20
Menilik Asal Muasal Hawaiian Pizza yang Ternyata Bukan dari Hawaii!
Terus dari mana, dong?

Jika mendengar kata Hawaiian Pizza, pasti yang terbayang oleh kita adalah pizza gurih dengan potongan nanas yang membuatnya segar. Rasa gurih dari daging dan keju bercampur dengan segarnya buah nanas, membuat satu gigitan Hawaiian Pizza serasa membawamu dalam pulau tropis.

Jika ditanya dari mana asal dari Hawaiian Pizza, mungkin kita akan menjawab Hawaii. Padahal, Hawaiian pizza tak berasal dari tempat tersebut. Lalu dari manakah asal Hawaiian Pizza ini?

1 dari 1 halaman

Sejarah Hawaiian Pizza

Hawaiian Pizza © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, ternyata, Hawaiian Pizza berasal dari Kanada, dan bukan dari Hawaii. Hal ini bermula dari Sotirios Panopoulos yang bermigrasi ke kanada dari Yunani sekitar tahun 1954. Ia pun membuka sebuah satellite Restaurant bersama sang saudara di London, Ontario.

Satellite kemudian mepekerjakan seorang juru masak yang berkebangsaan Tiongkok-Kanada. Sejak saat itulah ia mulai menambahkan beberapa hidangan manis dan gurih dalam menu. Dari sinilah juga mulai ada inspirasi untuk menambahkan potongan nanas di atas pizza.

Tren inipun berkembang di Kanada meskipun awalnya tak banyak yang suka dengan nanas yang ditambahkan pada pizza. Lalu, mengapa makanan ini diberi nama Hawaiian?

Hawaiian Pizza © Diadona

Ternyata, Panopoulus memberikan nama Hawaiian karena saat itu Hawaii adalah rumah bagi beberapa pengalengan terbesar di dunia dan dianggap sebagai pemimpin global dalam produksi nanas. Sejak saat itulah, pizza dengan potongan nanas dinamakan Hawaiian Pizza.

Nah, kalau kamu lebih suka Hawaiian Pizza atau Pizza biasa, nih?

Beri Komentar