Misteri Restoran Pyongyang di Kelapa Gading, yang Katanya Jadi Markas Intelijen Korea Utara!

Reporter : Nasa
Senin, 22 Juni 2020 00:00
Misteri Restoran Pyongyang di Kelapa Gading, yang Katanya Jadi Markas Intelijen Korea Utara!
Uniknya lagi, lokasinya berada tak jauh dari resto steak khas Korea Selatan!

Ada sebuah restoran di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, yang disebut sebagai markas intelijen Korea Utara. Lokasinya sendiri tak jauh dari dari sebuah restoran steak khas Korea Selatan, yang jaraknya hanya sekitar 2 ruko saja.

Namanya adalah Prongyang Restaurant. Resto tersebut sempat mencuat ke publik, ketika peristiwa pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yakni Kim Jong Nam. Kasus pembunuhan Kim Jong Nam pada 2017 silam tersebut diketahui juga sempat melibatkan satu Warga Negara Indonesia.

Pembunuhan yang terjadi di Sepang Malaysia tersebut ternyata sampai menyeret nama Pyongyang Restoran di Kelapa Gading ini. Ketika itu, banyak saksi yang menyebutkan bahwa Pyongyang Restoran tiba-tiba didatangi banyak jurnalis manca negara.

Menurut artikel Antara yang diterbitkan pada 2017 silam, restoran tersebut memiliki banyak sekali kejanggalan. Mulai dari lokasinya yang sangat sepi, hingga semua pramusajinya yang berasal dari Korea Utara langsung. Reporter Antara sendiri pernah mengunjungi Pyongyang Restoran pada Februari 2017.

1 dari 3 halaman

Pyongyang Restaurant © Diadona

2 dari 3 halaman

Ketika itu, Pyongyang Restaurant sangat sepi dan tak didatangi banyak pelanggan. Ketika datang ke sana, ruangan resto tersebut berbau seperti ruangan yang lama tak digunakan. Bahkan daftar menu yang diberikan oleh pramusaji juga bisa dibilang alakadarnya.

Lokasinya memang terlihat sangat misterius. Ruko yang terdiri dari 3 lantai tersebut hanya dikelola oleh 4 pramusaji yang semuanya adalah perempuan. Kemudian membagikan sejumlah potret misterius di dalam ruko Pyongyang Restaurant tersebut.

Meskipun tak secara jelas menyebutnya sebagai markas intelijen, dalam artikel tersebut disampaikan bahwa masyarakat sekitar menyaksikan sejumlah bukti kalau resto tersebut adalah markas intelijen.

Mulai dari restoran yang selalu sepi, hingga adanya cerita bahwa ada jurnalis mancanegara yang sampai dikejar karena mengambil gambar Pyongyang Restaurnt dari jauh. Tapi sayangnya, resto tersebut diketahui tutup setelah ramai kasus pembunuhan mendiang Kim Jong Nam.

3 dari 3 halaman

Kalau dari menu makanannya sih, Pyongyang Restaurant ini menyediakan makanan yang memang menggugah selera. Ya khas Korea gitu, banyak banget jenisnya.

Saat ini kabarnya papan Pyongyang Restaurant sendiri di ruko tersebut juga sudah dihilangkan. Wah jadi resto itu beneran markas intelijen Korea Utara nih? 

Beri Komentar