Nggak Sama, Ternyata Ini Perbedaan Pizza Italia dan Amerika

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 1 Juli 2020 12:20
Nggak Sama, Ternyata Ini Perbedaan Pizza Italia dan Amerika
Selain tekstur dan ukuran, ada hal lainnya yang menjadi perbedaan antara Pizza Italia dengan Pizza Amerika.

Siapa nih penggemar pizza? Sajian berupa roti panggang dengan toping saos tomat keju mozarela dengan daging ini memang cocok sebagai cemilan di rumah dan dimakan bersama keluarga atau kerabat.

Pizza memang memiliki banyak jenis yang berbeda-beda. Bahkan, ada Pizza dari Amerika maupun Italia. Meskipun banyak yang mengatakan jika pizza memang berasal dari Italia, ternyata Amerika juga memiliki pizza sendiri yang berbeda dengan pizza Italia.

Nah, kali ini diadona.id akan membahas tentang apa perbedaan pizza Amerika dengan Pizza Italia. Apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ulasannya!

1 dari 5 halaman

Metode Memasak

Pizza © Diadona

Ternyata, Pizza Amerika dan Italia punya metode masak yang berbeda. Pizza Italia dibuat dengan menggunakan tepung terigu berjenis oo yang dicampur air, garam, dan ragi. Kemudaian dimasak dengan suhu tinggi menggunakan oven kayu.

Sedangkan pizza Amerika atau pizza ala New York, dibuat dengan menggunakan tepung terigu tinggi gluten yang ditarik hingga ukurannya melebar. Adnonan ini juga dicampur dengan kombinasi minyak, gula, malt dan telur. Setelah itu, adonan dipanggang menggunakan oven arang dengan suhu yang rendah dan waktu yang sedikit lebih lama.

2 dari 5 halaman

Diameter Pizza

Pizza © Diadona

Ukuran menjadi hal yang paling terlihat. Pizza ala Amerika memang lebih besar dibandingkan dengan Pizza Italia. Dari metode masak sebelumnya, Pizza Amerika dibuat dengan ditarik hingga ukurannya melebar.

Bahkan untuk satu slice-nya lebih besar dari ukuran telapak tangan dewasa. Ukuran diameter satu loyang Pizza Amerika mencapai 55 cm. Sedangkan untuk Pizza Italia rata-rata hanya beridameter 30 cm saja.

3 dari 5 halaman

Kulit yang Berbeda

Pizza © Diadona

Selain ukuran diameternya, kulit pizza juga menjadi perbedaan dari Pizza Amerika dengan Pizza Italia.

Pizza Italia punya adonan yang sangat tipis, dengan adonan yang mengembang di bagian pinggirnya. Dengan ukuran yang lebih tipis, tekstur Pizza Italia lebih renyah.

4 dari 5 halaman

Cara Makan

Pizza © Diadona

Nah, yang terakhir adalah cara menyantapnya. Karena adanya perbedaan ukuran dan tekstur, masing-masing jenis punya cara tersendiri untuk disantap. Pizza Italia yang punya kulit tipis lebih cocok disantap menggunakan pisau dan garpu.

Pizza © Diadona

Sedangkan Pizza Amerika, yang punya kulit lebih tebal dan elastis lebih enak disantap menggunakan tangan dan dilipat menjadi dua bagian.

Beri Komentar