Punya Tampilan Unik, Ini 6 Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 15 Januari 2021 08:10
Punya Tampilan Unik, Ini 6 Minuman Khas Indonesia yang Mendunia
Kira-kira apa saja, ya?

Dalam beberapa tahun terakhir, kuliner Indonesia semakin dikenal luas di mancanegara. Hal ini terbukti dari semakin seringnya food vloger luar negeri yang membahas tentang aneka makanan dan minuman khas Nusantara di media sosial, terutama di YouTube.

Selain rendang dan nasi goreng, ternyatan deretan minuman khas Indonesia ini juga kian disukai, lho. Alasan lain yang membuat minuman khas Indonesia ini mendunia ialah karena keunikan tampilan dan rasanya.

Lantas, apa saja 6 minuman khas Indonesia yang mendunia? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Jus Avokad

Jus Alpukat Madu © Diadona

Perhatikan deh setiap kali ada video orang asing melancong ke Indonesia, pasti mereka akan terkagum-kagum dengan kelezatan jus avokad khas Indonesia. Bayangkan buah avokad legit yang dijus bersama sedikit gula dan es batu hingga lembut ini dihidangkan dalam gelas yang telah dituangkan susu kental manis cokelat, lezat kan? Terelebih, perpaduan rasa manis, gurih, serta sedikit pahit memberikan sensasi unik saat meminumnya, sehingga tak heran banyak orang menyukainya termasuk bule.

2 dari 6 halaman

Kopi Luwak

Ilustrasi Kopi Luwak © Diadona

Ini nih racikan kopi termahal di dunia, yang membuat banyak orang seantero jagat penasaran untuk mencobanya. Pasalnya, minuman ini bukan sembarang kopi, karena proses pembuatannya melalui pencernaan oleh luwak, atau musang Jawa. Biji kopi yang tercampur dengan kotoran luwak setelah dicuci bersih ini mengandung sifat asam yang khas, di mana memberikan intensitas unik saat diracik menjadi minuman. Beda tempat, beda pula karakter rasa kopi luwak, tapi beberapa yang jadi favorit berasal dari Bali dan Malang.

3 dari 6 halaman

Jamu

Ilustrasi Jamu Kunyit Asam © Diadona

Siapa sangka kalau jamu semakin menarik perhatian banyak orang asing untuk mencobanya. Biasanya, minuman herbal ini dibuat dari aneka rempah pilihan, yang dipadukan bersama dengan beberapa bahan baku alaminya. Sehingga tak heran jika beberapa orang suka minum jamu lantaran manfaat sehat yang tiada bandingnya. Meski begitu, umumnya turis asing tidak langsung mencoba jamu secara utuh, sebab biasanya mereka mencoba minum jamu mulai dari yang berkarakter ringan, seperti beras kencur, kunyit asam, serta temulawak.

4 dari 6 halaman

Es Cendol

Ilustrasi Es Cendol © Diadona

Ini adalah varian minuman segar khas Sunda yang identik dengan adonan parut hijau yang terbuat dari tepung beras. Es cendol namanya. Adonan ini disajikan dalam racikan santan, gula merah, serta es batu yang kemudian menciptakan sensasi rasa manis yang khas. Bahkan, ada pula yang menambahkan potongan kecil buah nangka untuk menjadikan minuman ini terasa legit. Di banyak restoran khas Indonesia di luar negeri, es cendol biasa menjadi minuman yang paling direkomendasikan di buku menu, lho.

5 dari 6 halaman

Es Degan

Ilustrasi Es Kelapa Muda © Diadona

Apalagi kalau bukan karena derasnya kunjungan turis asing ke Bali, es kelapa muda semakin dikenal luas di tingkat internasional, guys! Memang banyak sajian sejenis di kawasan tropis lainnya, tapi yang membedakan ialah versi Indonesia selalu diberi tambahan sedikit gula dan es batu, sehingga menjadikan minumannya terasa kian istimewa. Minuman ini biasanya disajikan langsung di dalam kelapa atau ditaruh di dalam gelas besarnya yang khas.

6 dari 6 halaman

Sekoteng

Ilustrasi Sekoteng © Diadona

Sekoteng merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Minuman ini dibuat menggunakan jahe sebagai bahan utamanya, namun ada juga bahan lain yang ikut dimasukkan ke dalam minumannya yakni pacar cina, kacang tanah, kacang hijau, dan potongan roti. Salah satu manfaat meminum sekoteng yaitu bisa menghangatkan badan yang sedang kedinginan dan butuh kehangatan.

Beri Komentar