Saingi Kopi Luwak, Thailand Produksi Kopi Kotoran Gajah yang Harganya Capai 25 Juta Per Kilo!

Reporter : Nasa
Rabu, 24 Juni 2020 11:35
Saingi Kopi Luwak, Thailand Produksi Kopi Kotoran Gajah yang Harganya Capai 25 Juta Per Kilo!
Habis kopi luwak ada kopi gakah. Tapi, kopi yang diambil dari kotoran gajah katanya jauh lebih enak sih.

Ternyata gak hanya kopi luwak menduduki jajaran kopi paling mahal di dunia. Kopi gajah asal Thailand ini juga mulai saingi kopi luwak yang dikenal seantero jagad sebagai kopi yang berasal dari Indonesia.

Yup, sebenernya kopi gajah ini gak jauh beda dengan kopi luwak. Kopi gajah ini terbuat dari biji kopi yang telah dicerna oleh gajah-gajah di Thailand. Mereka hanya mengambil biji kopi dari kotoran gajah yang sudah terpilih.

1 dari 6 halaman

Kopi Black Ivory Thailand © Diadona

2 dari 6 halaman

Penangkaran Gajah di Pegunungan Dataran Tinggi

Melansir dari laman Gadgenda, kopi yang diberi nama Black Ivory tersebut diambil dari kotoran gajah-gajah di penangkaran hutan Thailand yang memiliki ketinggian tanah mencapai 1500 meter di atas laut.

Jadi selain sudah dicernah oleh gajah, keistimewaan kopi Black Ivory ini adalah kualitas biji kopi yang berada di hutan dataran tinggi. Namun tentu produksinya pun tak bisa dilakukan dalam skala besar.

3 dari 6 halaman

Kopi Black Ivory Thailand © Diadona

4 dari 6 halaman

Jadi Kopi Super Eksklusif

Nah karena proses produksi yang tak bisa dilakukan dalam skala besar membuat, kopi Black Ivory ini jadi melambung. Sama halnya dengan kopi luwak, gajah tentu tak bisa setiap saat diberi makan biji kopi.

Makanya gak heran kalau biji kopi yang dihasilkan dari kotoran hewan gajah ini memang eksklusif banget. Selain itu, ketika gajah mengonsumsi 72 pon, maka hanya sekitar 2 pon biji kopi saja yang bisa diambil dari kotorannya.

Harga kopi Black Ivory sendiri menurut laman Gadgenda yang diupdate pada 26 Februari 2019 ini dibanderol $ 1800/kg atau jika di rupiahkan dengan kurs (Rabu 24/6/2020) kurang lebih setara dengan Rp 25 juta.

5 dari 6 halaman

Kopi Black Ivory Thailand © Diadona

6 dari 6 halaman

Cita Rasa Kopi yang Kaya

Kopi gajah atau Black Ivory ini memang sangat nikmat jika diseduh pada waktu tenang di pagi atau sore hari. Katanya, kopi Black Ivory ini memiliki cita rasa yang sangat khas, dan sulit didapati pada kopi jenis lain.

Ketika menyeduh kopi jenis ini, maka kamu akan merasakan gabungan rasa khas mulai dari coklat, gandum, rerumputan dan juga ras pedas dalam sekali sesap saja. Makanya gak heran kalau kopi Black Ivory ini dibanderol dengan harga selangit.

Penasaran pengen coba gimana rasanya kopi Black Ivory ini? Boleh tuh kalau ke Thailand mampir minum kopi gajah di sana. Wah sekarang udah ada kopi luwak sama kopi gajah. Habis ini ada kopi apa lagi ya?

Beri Komentar