Selesai Makan di Restoran Baiknya Rapihin Alat Makan Dulu Atau Gak? Gimana sih Etikanya?

Reporter : Nasa
Rabu, 16 September 2020 13:35
Selesai Makan di Restoran Baiknya Rapihin Alat Makan Dulu Atau Gak? Gimana sih Etikanya?
Kamu tim beresin dulu atau yang suka biarin berantakan aja?

Belum lama ini ada viral sebuah video yang dibagikan sama salah satu akun netizen yang membagikan sebuah video, tentang potret restoran cepat saji yang super berantakan. Usut punya usut, meja-meja yang berantakan tersebut akibat ulah pelanggan yang seenaknya sendiri.

Video pendek tersebut akhirnya menimbulkan perdebatan di kalangan netizen. Ada yang menyebut kalau beresin alat makan dan sisa-sisa makanan itu adalah tugas para pramusaji atau karyawan restoran. Karena kan mereka merasa sudah bayar gitu.

"Itu kan dirumah makan? Jadi biar ada gunanya lah tuh pelayan yekan," kata salah satu akun instagram menanggapi video tersebut.

"Kalo w sihh selama bayar dan itu makan ditempat, bodo amet lahh, malah w tumpain tuh saosnya wkwk," timpal akun lain.

"Gak sekalian saya bantuin potong ayamnya," tambah akun lainnya.

Jadi ya, tugas mereka cuma makan, bayar, abis itu pergi deh. Mau meja makan mereka berantakan atau gak, sudah bukan urusan lagi. Semuanya adalah tugas penjual makanan lah intinya. Gimana nih, kamu sepakat gak sama pemikiran semacam itu?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Pramusaji Restoran © Diadona

2 dari 2 halaman

Pembeli Bisa Ringankan Beban Penjual Makanan

Nah, sebenernya kalau admin sih gak sepakat ya sama pendapat dari para netizen tersebut. Meski kita sudah bayar makanan di resto tersebut, gak ada salahnya sih untuk meringankan beban pramusajinya. Atau berlaku juga kalau kamu makan di warung.

Pasti bakalan berasa lebih lega kalau kita beresin meja bekas kita makan kan? Jadi abang-abang atau ibu-ibu penjaga warung bisa dengan cepet beresin bekas alat makan kita, terus bisa lanjut ngeladenin pelanggan lain.

Terus nih ya, kalau kita ambil kasus di restoran cepat saji. Kalau dipikir-pikir sih gaji para pramusajinya itu gak seberapa loh. Belum lagi di Indonesia gak ada yang namanya budaya ngasih uang tip ke pramusaji.

Masak iya tega kamu malah berantakin sisa makanan dan alat makanmu? Mending mulai sekarang, kalau sehabis makan di resto atau di warung beresin aja alat makannya ya. Kalau ada tempat sampah terdekat, sisa makanan dan sampah bekasmu mending langsung dibuang.

Nah kalau gak disediain tempat sampah, kumpulin makanan sisa sampah bekasmu dalam satu tempat. Jadi nanti pramusaji atau penjaga warungnya bisa buang sampahnya dengan mudah. Pun untuk piring sebaiknya kamu tumpuk ya, biar nanti beresinnya gampang.

Kalau gitu kan kita bisa sama-sama enak. Coba deh kamu pikirin, dalam sehari mereka harus beresin berapa piring dan sampah dalam sehari? Dengan aksi kita yang sederhana, kita bisa banget kok mempermudah pekerjaan mereka. Sepakat gak sama admin?

Beri Komentar