Ternyata Begini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 7 Mei 2021 16:37
Ternyata Begini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah
Ini menu buka puasa di Masjid Nabawi.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Di bulan suci ini, masyarakat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Selama bulan puasa, masjid akan semakin penuh dengan orang-orang yang ingin menjalankan ibadah. Biasanya masjid juga menyediakan makanan buka puasa untuk para jemaah yang datang.

Begitu juga dengan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, yang memberikan makanan untuk berbuka puasa. Kira-kira seperti apa ya menu buka puasa di Masjid Nabawi? Berikut informasinya.

1 dari 3 halaman

Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi © Diadona

Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Banyak umat Muslim yang bermimpi bisa menjalankan ibadah di masjid tersebut.

Pemilik channel Youtube Si Dwy 22 sering mengunggah video kehidupannya selama di Madinah. Dalam sebuah video yang diunggah pada 3 Mei 2021 pemilik akun tersebut membagikan pengalamannya saat berbuka puasa di Masjid Nabawi.

Dwy memperlihatkan suasana berbuka puasa di Masjid Nabawi. Nggak hanya itu, dia juga menunjukkan menu berbuka puasa di masjid tersebut.

2 dari 3 halaman

Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi © Diadona

Dalam video itu, makanan untuk berbuka puasa yang diberikan Masjid Nabawi ternyata ada bermacam-macam. Terlihat ada kurma sebanyak 6 buah, roti, air zam-zam, air mineral, dakoh atau rempah-rempah khas Arab.

Dilansir dari Detik.com, Dwy mengungkapkan bahwa menu buka puasa di Masjid Nabawi sudah disediakan secara langsung dan diberikan secara gratis. Pihak Masjid Nabawi menamainya Hadiah Al Madinah Munawwarah.

" Semuanya gratis untuk jamaah yang berbuka di masjid Nabawi," ujar Dwy.

3 dari 3 halaman

Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi © Diadona

Dwy juga bercerita bahwa Masjid Nabawi selalu menyediakan makanan untuk berbuka puasa setiap Ramadan. Tapi di masa pandemi COVID-19 ini ternyata ada beberapa perubahan.

" Setiap Ramadhan selalu disediakan makanan untuk buka puasa, kecuali di tahun 2020 kemarin karena masa pandemi jamaah tidak diizinkan untuk ke masjid Nabawi," ungkap Dwy.

Sebelum pandemi COVID-19, jemaah bisa ikut menyediakan menu buka puasa. Hal itu yang membuat menunya lebih beragam saat itu.

" Di waktu normal menu buka puasa sangat banyak pilihannya karena jamaah pun bisa menyediakan menu buka puasa. Menunya seperti nasi bukhari, al baik, buah-buahan dan menu lain sangat lengkap," tutur Dwy.

Gimana menurut kamu?

 

Beri Komentar