Tidak Bisa Dikonsumsi, 5 Buah di Dunia Ini Ternyata Beracun!

Food | Kamis, 30 September 2021 10:00

Reporter : Magang Asik

Beberapa buah di dunia ini ternyata berbahaya jika dikonsumsi.

Apa sih yang kalian bayangkan saat mendengar kata buah? Mungkin yang ada dalam bayangan kalian adalah rasa manis dan segar serta berbagai warna yang cerah dan menarik perhatian. Tapi tau nggak sih, ternyata tidak semua buah di dunia ini bisa kita konsumsi, loh. Ada beberapa buah yang akan berakibat fatal jika dimakan manusia. Apa saja sih buah-buah tersebut? Yuk simak!

Tidak Bisa Dikonsumsi, 5 Buah di Dunia Ini Ternyata Beracun!
2 dari 6 halaman

1. Buah Jarak

Buah Berbahaya di Dunia Buah Berbahaya di Dunia © instagram.com/ @innersunchiropractic

Kalian pasti nggak asing kan dengan buah satu ini? Buah jarak ternyata tidak bisa kita konsumsi, loh! Mengkonsumsi buah ini secara mentah dan terus menerus bisa berakibat fatal pada ginjal. Kandungan ricin atau ricinus communis dalam biji buah ini dapat membunuh orang dewasa dalam 36-72 jam saja. Gejala yang dihasilkan juga berbagai macam, mulai dari kesulitan bernapas, muntah, diare parah, hingga kematian. Wah, serem juga ya, Diazens.

3 dari 6 halaman

2. Buah Manchineel

Buah Berbahaya di Dunia Buah Berbahaya di Dunia © instagram.com/ @innersunchiropractic

Kita bisa menemui buah ini di wilayah tropis Amerika Utara, amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan. Pohon buah ini bernama pohon manchineel atau Hippomane mancinella dan juga disebut sebagai pohon kematian di Spanyol. Penelitian dari Florida menunjukkan bahwa seluruh bagian dari pohon ini beracun. Jika kita mengkonsumsi buahnya, kita akan mengalami muntah dan diare parah yang akan menyebabkan kita dehidrasi. Hal ini karena dalam buah manchineel terdapat kandungan karsinogenik yang membuat sensasi terbakar dan sesak napas berat. Di sisi lain, ternyata pohon ini memiliki manfaat untuk menahan kencangnya angin dan melindungi pantai di Amerika dari erosi.

 

4 dari 6 halaman

3. Buah Bintaro

Buah Berbahaya di Dunia Buah Berbahaya di Dunia © instagram.com/ @infobintaro.id

Buah yang sekilas mirip dengan  mangga ini memiliki kandungan cerberin yang tinggi sehingga berbahaya jika dikonsumsi. buah ini tidak memiliki biji, jadi hanya ada serabut dan juga biji-biji di dalam buah ini. Getah dari pohon Bintaro juga dahulu digunakan sebagai racun yang digunakan untuk berburu. Meskipun tidak dapat dikonsumsi manusia, ternyata buah bintaro dapat kita manfaatkan untuk mengusir tikus di rumah dan juga dapat kita manfaatkan sebagai pengganti minyak tanah.

5 dari 6 halaman

4. Buah Strychnine

Buah Berbahaya di Dunia Buah Berbahaya di Dunia © ha.org. hk

Buah yang berasal dari India dan Asia Tenggara ini ternyata ada dalam kisah Ratu Cleopatra, loh. Biji dari buah strychnine ini dikisahkan menjadi salah satu percobaan dari sang Ratu untuk digunakan bunuh diri. Gejala yang kita dapatkan saat keracunan buah ini adalah pusing, kram otot, kejang-kejang, kehilangan kesadaran, hingga meninggal dunia. Tapi ternyata, buah ini juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan dasar racun tikus dan sebagai salah satu keperluan medis.

6 dari 6 halaman

5. Buah Ricinus Communis

Buah Berbahaya di Dunia Buah Berbahaya di Dunia © instagram.com/ @rachidusa

Mirip banget sama rambutan ya, Diazens. Tapi jangan salah, namun buah mugil kembaran rambutan ini ternyata tidak dapat kita konsumsi. Buah ini dikenal juga sebagai jarak kepyar. Pohonnya juga hanya dapat tumbuh setinggi semak-semak, jauh berbeda dengan pohon rambutan yang bisa tumbuh hingga beberapa meter. Efek samping jika kita mengkonsumsi buah ini, gejala yang akan timbul adalah peradangan saluran cerna hingga pendarahan,  kejang, hingga pembekuan darah. Meskipun memiliki efek yang mengerikan, biji dari buah ini bisa kita manfaatkan menjadi minyak jarak atau minyak kastroli.

Gimana nih, Diazens? Itu tadi beberapa buah beracun di dunia yang bisa berakibat fatal jika kita konsumsi.

(Penulis: Intan Rachma)

 

Join Diadona.id