Tips Membuat Usaha Kuliner di Tengah Pandemi dari Chef Lucky Andreono

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 25 November 2020 14:24
Tips Membuat Usaha Kuliner di Tengah Pandemi dari Chef Lucky Andreono
Di tengah pandemi ini, membuat bisnis kuliner adalah salah satu pilihan yang bisa diambil.

Masa pandemi ini memang banyak mempengaruhi berbagai lini bisnis. Banyak yang harus kehilangan pekerjaannya karena tidak ada pemasukan perusahaan.

Namun, fenomena lain justru muncul di tengah pandemi ini. Banyak bisnis-bisnis kuliner baru mulai bermunculan. Padahal, masih di masa pandemi, tapi, gimana bisnis bisa tetap berjalan?

Jangan salah, semua itu tetap bisa dilakukan kalau ada tekad yang kuat. Nah, kali ini Chef Lucky Andreono, juara masterchef Season 1 akan memberikan tips bagaimana membuat sebuah usaha kuliner di tengah pandemi seperti ini. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

1. Perhitungkan dengan Matang

Chef Lucky Andreono © Diadona

Yang pertama, perhitungkan segala sesuatu dengan benar. Mulai dari production cost, pemasukan, dan lain sebagainya. Jangan sampai salah perhitungan dan akhirnya malah rugi.

" Yang pertama, itunganya harus bener dulu. Itungan dari Production Cost, dan lain sebagainya harus bener dulu," kata Chef Lucky melalui wawancara eksklusif.

Pria asal Malang ini juga mengatakan, jika kebanyakan para pengusaha tidak memperhatikan perhitungan dengan cermat dan hanya modal nekat.

" Karena kebanyakan itu kesalahan adalah di hitungan pertamanya. Jadi kita biar tahu, profitnya seberapa dan sebagainya itu biar ngerti intinya," tambahnya.

2 dari 5 halaman

2. Buat Sesuatu yang Unik

Chef Lucky Andreono © Diadona

Yang kedua, buatlah sebuah produk yang unik. Selain unik, Chef Lucky juga menambahkan jika kamu perlu membuat sesuatu hal yang simple namun orang malas untuk bikin sendiri.

Lucky pun mengambil contoh usaha kuliner Bolu Bakarnya. Meskipun bolu adalah makanan yang mudah dibikin, namun orang pasti cenderung untuk malas membuatnya. Sehingga Chef Lucky mengambil kesempatan tersebut.

" Buatlah sesuatu yang gampang dibikin, tapi orang males buat bikin. Contohnya gue bikin bolu kukus. Sebenarnya kan gampang. Tapi orang pasti males bikinnya," jelas Chef Lucky.

3 dari 5 halaman

3. Pikirkan Strategi Promosi yang Menarik

Chef Lucky Andreono © Diadona

Lalu yang ketiga adalah memikirkan strategi marketing. Jangan sampai sudah membuat konsep yang bagus, namun karena marketingnya yang jelek membuat apa yang kita jual menjadi tidak laku karena tak dikenal orang.

" Promotion-nya gimana jalannya bagaiamana. Itu yang harus dipikirin juga. Intinya adalah itu," katanya.

Dengan kemajuan teknologi ini, Chef Lucky juga menambahkan jika kita harus bisa memanfaatkan media sosial yang ada saat ini. Karena promosi media sosial adalah promosi yang murah namun banyak diakses oleh semua orang.

" Manfaatkan juga platform media sosial untuk promosi seperti instagram, facebook, twitter, tiktok," terangnya.

4 dari 5 halaman

4. Manfaatkan Platform e-Commerce

Chef Lucky Andreono © Diadona

Nah, yang terakhir adalah memanfaatkan platform e-Commerce yang ada. Kemajuan teknologi ini membauat kita bisa menjual apa saja tanpa harus memiliki toko terlebih dahulu. Bahkan hanya dengan di rumah aja, kamu sudah bisa berjualan secara online.

Apalagi di masa pandemi seperti ini yang mengharuskan kita tetap menjaga jarak, menjual dengan cara online adalah solusinya.

Sekarang juga lebih dipermudah dengan berbagai aplikasi ojek online, yang bisa mengantarkan makanan kamu sampai ke tangan konsumen dengan cepat dan aman.

" Pemasarannya sih online, dengan medianya ya grab atau gojek gitu," kata Chef Lucky.

Beri Komentar