Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Menghitam

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 17 November 2020 18:20
Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Menghitam
Beberapa tips ini akan membuat minyak goreng yang kamu pakai lebih awet meskipun beberapa kali digunakan.

Minyak goreng adalah salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan di dapur. Sering kita jumpai jika minyak goreng cepat menghitam dan keruh. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap rasa dan juga kesehatan makanan. Jika menggunakan terlalu sering, minyak goreng akan cepat keruh dan harus digantu.

Nah, kali ini diadona.id akan memberikan tips bagaimana menggunakan minyak goreng agar tak cepat hitam dan mengeruh. Jadi kamu bisa lebih menghemat penggunaan minyak goreng. Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Pilih Minyak Goreng yang Berkualitas

Minyak Goreng © Diadona

Memilih minyak yang bagus adalah hal yang sangat penting. Minyak yang kurang berkualitas akan berpengaruh dengan hasil masakan. Selain itu, minyak dengan kualitas yang kurang oke justru akan cepat keruh dan menghitam.

2 dari 5 halaman

Gunakan Api Sedang

Minyak Goreng © Diadona

Jangan menggunakan api yang terlalu besar. Menggunakan api yang terlalu besar justru akan cepat mengubah warna minyak goreng. Gunakan api sedang agar minyak lebih awet.

3 dari 5 halaman

Selalu Saring Minyak Setelah Digunakan

Minyak Goreng © Diadona

Setelah menggunakan minyak, usahakan untuk menyaringnya jika akan menggunakannya kembali. Kotoran yang menempel pada dasar dan tergoreng lagi membuat minyak menjadi cepat keruh dan menghitam. Dengan menyaringnya, minyak akan terlihat jernih meskipun sudah lebih dari sekali digunakan.

4 dari 5 halaman

Jangan Digunakan Lebih dari 3 Kali

Minyak Goreng © Diadona

Menggunakan minyak goreng berkali-kali adalah hal yang sering kita lakukan. Hal ini justru akan membuat minyak menjadi keruh dan membuat makanan menjadi tak sehat. Ganti minyak jika kira-kira sudah 3 kali dipakai.

5 dari 5 halaman

Simpan Minyak di Tempat yang Sejuk

Minyak Goreng © Diadona

Setelah memasak, kamu juga bisa menyimpannya di tempat yang terhindar dari proses oksidasi. Simpan di wadah khusus yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Ini akan menjaga minyak tetap jernih ketika akan digunakan kembali.

Beri Komentar