Udah Baca Resep Tapi Masakan Tetap Gagal? Begini lho Caranya Biar Gak Salah!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 10 Juni 2020 11:20
Udah Baca Resep Tapi Masakan Tetap Gagal? Begini lho Caranya Biar Gak Salah!
Tips and trick supaya kamu nggak salah dalam membaca resep lagi, mom!

Bagi kamu punya hobi masak di rumah, pasti nggak akan pernah lepas dari buku resep maupun resep dari internet. Dengan mengikuti semua tahap dari buku maupun internet, kamu akan bisa membuat sebuah makanan yang mungkin mustahil untuk kamu buat.

Tapi pernah nggak sih kamu udah ngikutin semua tahap yang ada di resep tapi masakanmu malah gagal total? Pasti ngeselin banget kalau udah ngalamin hal seperti ini. Harus ngulang dari awal, harus belanja bahan lagi, ribet deh.

Nah, ada tips and trick-nya lho biar kamu bisa membaca resep dengan benar dan dijamin nggak akan gagal deh masakanmu. Apa aja ya?

1 dari 5 halaman

1. Siapkan Alat dan Bahan

Ilustrasi Alat dan Bahan Sebelum Memasak © Diadona

Kalau ini mungkin semua udah pada paham ya. Siapakan dulu alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat suatu masakan. Hal ini dilakukan agar kamu nggak kekurangan bahan dan bingung cari peralatan saat memasak. Jadi waktu yang dibutuhkan menjadi lebih efisien.

2 dari 5 halaman

2. Paham dengan Kosakata di Dunia Kuliner

Ilustrasi Membaca Resep © Diadona

Nah, ini poin yang cukup penting. Kamu perlu paham semua kosakata yang ada di dalam dapur. Dengan begitu, kamu nggak akan kebingungan ketika menemukan kata-kata yang sulit dalam buku resep maupun resep di internet.

Misalnya Pan Seared, Saute, Blanch, dan kosakata lain yang mungkin asing di telinga kamu.

3 dari 5 halaman

3. Teliti Membaca Sub Resep

Ilustrasi Membaca Resep © Diadona

Beberapa masakan yang rumit biasanya memiliki sub resep sendiri. Sub resep biasanya berupa cara membuat saus, kuah, atau pelengkap lainnya yang ada dalam suatu masakan. Jangan sampai hal ini terlewat, bisa-bisa nanti masakan kamu gagal.

4 dari 5 halaman

4. Andalkan Feeling Sendiri

Ilustrasi Memasak © Diadona

Resep masakan mungkin akan memberikan waktu memasak dengan menunjukkan bentuk dan tekstur masakan. Kamu tentu nggak boleh bergantung sepenuhnya pada apa yang tertulis pada resep, mom.

Dengan mengandalkan indra dan feeling sendiri, kamu mungkin akan mendapatkan hasil masakan yang kamu inginkan mulai dari bentuk, tekstur, tingkat kematangan, hingga cita rasanya.

Beri Komentar