Unik, Ada Minuman Keras Berbahan Kotoran Gajah! Tertarik Mencobanya?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 25 Februari 2021 16:20
Unik, Ada Minuman Keras Berbahan Kotoran Gajah! Tertarik Mencobanya?
Ilmuwan ini membuat sebuah minuman keras unik. Bahan dasarnya pun tak biasa, yakni dari kotoran gajah. Tertarik mencobanya?

Bagi beberapa kalangan, minuman keras memang kerap dikonsumsi sebagai penghangat badan ketika cuaca sedang dingin. Umumnya, minuman keras terbuat dari fermentasi biji-bijian sampai buah-buahan. Menghasilkan cairan dengan kadar alkohol yang cukup tinggi.

Nah, gimana kalau ada minuman keras yang justru terbuat dari kotoran gajah? Masih mau mencicipinya?

1 dari 3 halaman

Gin Indlovu

Gin Indlovu © Diadona

Ya, minuman ini bernama Gin Indlovu. Melansir dari Oddity Central, ide gila ini dicetuskan oleh seorang ilmuwan asal Afrika Selatan bernama Les dan Paula Ansley.

Kedua ilmuwan ini terinspirasi dari para penjaga hutan yang menceritakan bahwa gajah di kawasan tersebut mekanan berbagai jenis bunga dan buah yang tumbuh di sana.

Mereka menjelaskan jika gajah hanya bisa memakan dan mencerna sebagian buah yang mereka santap sehari-hari. Inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku minuman beralkohol, karena sisa makanan tersebut akan ikut terbuang dengan kotoran yang keluar dari gajah tersebut.

2 dari 3 halaman

Proses Pembuatan Gin Indlovu

Gin Indlovu © Diadona

Untuk bisa menghasilkan minuman, terlebih dahulu tumpukan kotoran gajah dikeringkan. Kemudian digiling, sampai akhirnya dicuci untuk menghilangkan unsur pasir yang ada di dalamnya. Sisa kotoran gajah itu hanya berupa bunga, daun dan buah yang sudah disantap oleh gajah.

Untuk menghasilkan 3000-4000 botol, tibutuhkan setidaknya lima kantong besar kotoran gajah.

3 dari 3 halaman

Harga

Untuk harganya, satu botol Gin Indlovu ini dibanderol seharga 46 USD per 750 ml. Ini sekitar Rp 647 ribu.

Les Ansley mengatakan jika setiap botol Gin Indlovu menampilkan koordinat GPS dari mana kotoran tersebut dikumpulkan dan juga tanggal pengambilannya.

Sampai saat ini, Gin Indlovu hanya dijual secara online dengan jumlah yang terbatas. Tertarik mencobanya?

Beri Komentar