Ustaz Maulana Anjurkan Makanan yang Baik Dikonsumsi di Bulan Puasa Menurut Nabi

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 19 April 2021 12:37
Ustaz Maulana Anjurkan Makanan yang Baik Dikonsumsi di Bulan Puasa Menurut Nabi
Ketahui makanan yang baik dikonsumsi selama puasa.

Memasuki Bulan Ramadan, masyarakat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan lamanya. Menahan haus dan lapar harus dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Kegiatan puasa seringkali membuat tubuh kita kekurangan beberapa asupan nutrisi. Hal itu harus kita penuhi di saat sahur dan buka puasa.

Dilansir dari Insertlive, Ustaz Maulana yang ditemui pada Rabu (14/4/2021) di Studio Trans TV, mengungkapkan makanan yang seharusnya dikonsumsi saat berbuka puasa sesuai dengan anjuran Nabi. Berikut penjelasannya.

1 dari 4 halaman

Makanan manis terutama kurma

Ustaz Maulana © Diadona

Ustaz Maulanan mengungkapkan bahwa Nabi menganjurkan kita untuk memilih makanan yang manis untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah buah kurma yang punya banyak keutamaan.

" Sebenarnya disebutkan Nabi itu yang manis, kalau di sana itu kan ada kurma, dan ternyata kurma banyak keutamaan," tutur Ustaz Maulana.

2 dari 4 halaman

Manfaat mengonsumsi makanan manis saat buka puasa

Ilustrasi Buka Puasa © Diadona

Ternyata mengonsumsi makanan manis memang punya banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengembalikan metabolisme fisik kita setelah puasa selama lebih dari 13 jam.

" Ibaratnya untuk mengembalikan fisik kita itu harus makan yang manis-manis. Supaya metabolisme kita membaik karena selama 13 jam berpuasa ini," ungkap Ustaz Maulana.

3 dari 4 halaman

Makanan untuk sahur

Ilustrasi Sahur dan Berbuka © Diadona

Selanjutnya Ustaz Maulana memberikan saran makanan yang baik dikonsumsi untuk sahur. Nggak hanya itu saja, Ustaz Maulana juga menyebutkan waktu yang tepat untuk makan sahur.

" Kalau sahur itu sepertiga malam, kita lihat dulu waktunya yang bagus jam 2 sampai 4. Menunya paling bagus yang berserat dan gandum," kata Ustaz Maulana.

4 dari 4 halaman

Sahur sangat penting

Nunggu Buka Puasa Waktu WFH, Enaknya Sambil Ngapain ya? © Diadona

Ustaz Maulana juga mengingatkan bahwa kegiatan sahur memang sangat penting. Bahkan Nabi melarang kita untuk meninggalkan sahur.

" Nabi melarang untuk meninggalkan sahur, yang penting walaupun seteguk air," ujarnya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar