Yuk Intip Keunikan 7 Jajanan Halloween Tradisional, Ada yang Namanya Kue Kematian!

Food | Jumat, 30 Oktober 2020 11:40
Yuk Intip Keunikan 7 Jajanan Halloween Tradisional, Ada yang Namanya Kue Kematian!

Reporter : Inasa All Islamiya

Kayak gimana sih wujudnya?

Perayaan Halloween rasanya gak lengkap deh kalau tak dilengkapi dengan beragam makanan unik. Apalagi biasanya Halloween identik banget dengan tradisi 'trick and treats' tuh. Jadi gak heran kalau makanan atau jajanan jadi bagian penting dalam perayaan Halloween.

Di sejumlah negara di Eropa dan Amerika, Halloween ini seperti tradisi perayaan yang tak boleh terlewatkan. Makanya gak heran kalau hampir selalu ada makanan khas yang harus selalu hadir dalam perayaan Halloween.

Nah, karena Halloween ini juga dipengaruhi sama beragam akar tradisi yang berbeda-beda, makanan khas yang dihadirkan pun tentu beragam banget. Ini dia 7 jajanan Halloween tradisional :

2 dari 8 halaman

1. Barmbrack, Irlandia

 Barmbrack IrlandiaBarmbrack Irlandia © everymum.ie

Biasanya setiap perayaan Halloween di Irlandia selalu ada yang namanya Barmbrack. Aroma khasnya pasti merebak kala perayaan Halloween mulai tiba. Barmbrack ini adalah roti dengan isian kismis dan sultana.

Cara memakannya sangat khas dengan bubuhan mentega dan dimakan dengan secangkir teh. Saat halloween, Barmbrack biasanya dikemas menggunakan selembar kain. Ada juga yang mengisinya dengan koin silver sebagai simbol keberuntungan.

3 dari 8 halaman

2. Pao-por-Deus, Portugal

 Pao-por-Deus, PortugalPao-por-Deus, Portugal © asviagensdosvs.com

Kalau dari Portugal ada yang namanya Paes-por-Deus atau roti dari Tuhan. Bentuknya kecil, buat, dan memiliki tekstur fluffy karena menggunakan campuran kelapa. Bahan pembuatannya adalah margarin, minuman anggur, hingga vanila.

Di Portugal, Pao-por-Deus ini jadi jajanan wajib yang dimiliki masyarakat saat Halloween. Sebab anak-anak biasanya akan berkeliling dengan membawa keranjang, dan Pao-por-Deus ini jadi jajanan paling lazim untuk diberikan.

4 dari 8 halaman

3. Pan dei morti, Italia

 Pan dei morti, ItaliaPan dei morti, Italia © lenius.it

Pan dei morti atau kue kematian yang berasal dari Italia memiliki bentuk oval. Teksturnya chewy namun secara visual bentuknya mirip sama biskuit. Pan dei morti biasanya dimakan bersama keluarga pada 2 November.

Pan dei Morti ini terbuat dari almon, kacang-kacangan, kayu manis, lemon, dan air.

5 dari 8 halaman

4. Pan de muerto, Meksiko

 Pan de muerto, MeksikoPan de muerto, Meksiko © curiouscuisiniere.com

Pan de muerto ini artinya mirip dengan Pan dei morti, yakni roti kematian. Namun keduanya adalah dua jenis jajanan yang berbeda. Pan de muerto ini adalah roti gulung dengan cita rasa manis.

Bahan unik yang digunakan dalam Pan de muerto adalah air bunga dan jeruk. Lalu ada juga yang menggunakan biji-bijian, tergantung daerah masing-masing. Pan de muerto ini biasanya dimakan bersama keluarga saat perayaan Halloween.

6 dari 8 halaman

5. Huesos de santo, Spanyol

 Huesos de santo, SpanyolHuesos de santo, Spanyol © Pinterset/Vila Zmajica

Nah kalau Huesos de santo ini artinya adalah 'holy bones' atau tulang suci. Bahan utama pembuatannya adalah Marzipan. Masyarakat Spanyol biasanya memakannya dengan siraman sirup manis yang banyak.

7 dari 8 halaman

6. Permen Apel, Amerika Serikat

 Permen Apel, Amerika SerikatPermen Apel, Amerika Serikat © nikkiikkin.com

Halloween di Amerika Serikat populer banget dengan prosesi trick and treats yang biasanya dilakukan sama anak-anak hingga para remaja. Nah, prosesi tersebut ggak akan lengkap kalau gak ada permen apel.

8 dari 8 halaman

7. Bornfire Toffee, Inggris

 Bornfire Toffee, InggrisBornfire Toffee, Inggris © goodtoknow.co.uk

Bornfire Toffee ini bisa dibilang adalah jajanan wajib bagi seluruh masyarakat Inggris. Proses pembuatan Bornfire Toffee ini cukup panjang. Makanya gak heran kalau proses pembuatannya juga jadi tradisi keluarga saat perayaan Halloween.

Nah itu dia jajanan tradisional Halloween dari berbagai negara di seluruh dunia. Kamu udah ada yang pernah nyobain belum?

Join Diadona.id