12 Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Topologinya, Kamu Wajib Tahu nih!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 6 September 2021 12:00
12 Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Topologinya, Kamu Wajib Tahu nih!
Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah.

Berkembangnya teknologi komputer serta internet sepertinya sudah bisa dirasakan oleh banyak orang. Seiring berkembangnya teknologi tersebut, kini pertukaran informasi semakin merata dan lebih cepat diterima oleh semua orang.

Salah satu aspek penting dari berkembangnya teknologi adalah jaringan komputer. Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Melansir dari laman Liputan6.com, dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

Untuk mewujudkan jaringan tersebut ada tiga elemen yang mesti dipenuhi yakni sumber data (source) media transmisi (transmitter), dan penerima (receiver). Lalu apa saja sih jenis jenis jaringan komputer tersebut? yuk simak ulasannnya di bawah ini yang telah dirangkum dari Liputan.com dan Tirto.id.

1 dari 6 halaman

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber data/informasi

Jenis Jenis Jaringan Komputer © Diadona

1. Jaringan Terpusat

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah jaringan terpusat atau hist based network. Jadi, ini adalah jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini terdiri atas beberapa komputer induk yang berguna sebagai pusat layanan data dan program aplikasi. Komputer terminal dapat mengaksesnya. Jadi, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

2 dari 6 halaman

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi data

Jenis Jenis Jaringan Komputer © Diadona

3. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Sama persis dengan namanya, ini adalah jenis jaringan komputer menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

4. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Sedangkan untuk wireless network atau pun nikaber ini adalah kenalikan dari jenis jaringan komputer berkabel. Ia tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

3 dari 6 halaman

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis

Jenis-Jenis Jaringan Komputer © Diadona

5. LAN (Local Area Network)

Melansir dari laman Tirto.id, LAN adalah jaringan milik pribadi yang umumnya tidak berjarak lebih dari satu kilometer. Biasanya jenis jaringan komputer ini digunakan pada jaringan di warnet, kantor, sekolah, atau pun kampus.

6. MAN (Metropolitan Area Network)

Mempunyai jaringan yang lebih luas dari pada LAN, MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi.

Cakupan dari jaringan ini biasanya adalah gedung-gedung besar seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain. Contoh jaringan MAN adalah jaringan tunggal, jaringan tv kabel, dan jaringan telepon seluler.

7. WAN (Wide Area Network)

Persis dengan namanya, jaringan WAN inisangatlah luas. Cakupannya adalah meliputi daerah geografis, negara, hingga benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

4 dari 6 halaman

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data

Jenis Jenis Jaringan Komputer © Diadona

8. Jaringan Client-Server

Jenis jaringan client-server ini adalah terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client.

9. Jaringan Peer to Peer

Untuk jenis jaringan peer to peer ini masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya.

5 dari 6 halaman

Jenis jenis jaringan komputer berdasarkan Topologi

Melansir dari laman Tirto.id, jaringan komputer memiliki sekma atau topologinya sendiri. Jadi ini adalah sebuah cara untuk menghubungkan berbagai komputer sehinggan membentuk jaringan. berikut adalah beberapa jenisnya

10. Topologi Bus

Topologi Bus memakai sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dalam menghubungkan seluruh workstation dan server.

11. Topologi Ring

Lalu, untuk topologi ini cara kerjanya adalah menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringannya disebut loop.

12. Topologi Star

Terakhir, cara kerja dari topologi star ini adalah dengan menghubungkan setiap workstation secara langsung ke server melalui hub atau switch.

Jadi itulah beberapa jenis jenis jaringan komputer yang lumayan penting untuk kita ketahui. Semoga ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar