3 Hal yang Akan Terjadi Kalau Teknologi 5G Masuk ke Indonesia

Reporter : Yoyok
Kamis, 25 Februari 2021 06:50
3 Hal yang Akan Terjadi Kalau Teknologi 5G Masuk ke Indonesia
Indonesia bakal kayak gimana ya?

Internet kebutuhan pokok yang tidak dapat kita lihat atau genggem secara fisik. Walaupun begitu, fungsinya sangat bermanfaat untuk kita di era serba digital ini.

Maka dari itu, koneksi internet menjadi salah satu penunjang kita dalam beraktivitas sehari-hari. Semakin kencang koneksi yang kita miliki, semakin mudah juga aktivitas sehari-hari yang kita jalankan.

Kini, teknologi 5G sudah tersedia, namun masih belum masuk Indonesia. Kalian penasaran gak sih gaimana kalau teknologi 5G sudah masuk Indonesia.

Dikutip dari Merdeka, berikut ini adalah tiga halk yang akan terjadi jika 5G telah masuk ke Indonesia.

1 dari 4 halaman

Mobile Mendominasi

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Dalam beberapa tahun ke depan, 90 persen masyarakat global yang berusia di atas 6 tahun diprediksi akan memiliki smartphone sendiri. Dengan makin banyaknya generasi muda yang memiliki smartphone, hadirnya teknologi 5G akan membuat konten-konten berbasis mobile semakin dominan.

Sebagai contoh, konten augmented reality dan virtual reality yang sudah lama jadi tren, akan makin mainstream di era 5G. Hal ini akan mengubah berbagai perilaku digital manusia.

Dengan adanya koneksi internet yang lebih cepat, para developer pastinya akan mengembangkan inovasi-inovasi. Diprediksi konten live video akan lebih marak setelah teknologi 5G masuk Indonesia.

Berbagai data akan bisa dikirimkan di live video, mulai dari rekam medis secara jarak jauh, mengirim beberapa konten secara bersamaan dan real-time, serta berbagai kemudahan lain.

2 dari 4 halaman

Manusia Terkoneksi Real Time

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Dengan makin cepatnya koneksi internet, maka manusia akan semakin terdesentralisasi. Dengan begini, mereka yang berada di daerah akan terkoneksi secara real-time untuk bertatap muka. Mulai dari meeting, pitching, atau berkomunikasi dengan jarak jauh dapat secara langsung dilakukan.

Degan begini, konektivitas internet tidak akan membutuhkan kabel atau nirkabel. Teknologi 5G bakal dapat diakses di manapun dan pengembangan bisnis dapat dilakukan kapanpun.

Lapangan pekerjaan pun semakin luas dan akan banyak jenis pekerjaan yang akan hadir.

3 dari 4 halaman

Dunia Makin Canggih dan Interaktif

Ilustrasi Smartphone © Diadona

Berbagai aplikasi saat ini sudah cukup imersif dan interaktif. Mulai dari konten Youtube, live Twitch, Zoom meeting, dan lainnya akan makin laris manis jika teknologi 5G mulai diterapkan.

Nantinya, dengan tidak adanya permasalahan koneksi ketika 5G datang, bahkan konten 3D dan berbagai ekspansi konten interaktif lainnya akan lebih nyata terjadi ketika dunia sudah dicakup oleh jaringan 5G. 5G juga tidak akan digunakan oleh smartphone saja, berbagai perangkat cerdas juga dapat memanfaatkannya.

Mulai dari komputers, alat rumah tangga, dan bahkan kendaraan pun sudah banyak yang dapat terkoneksi dengan internet. Semua hal akan jadi jauh lebih mudah dan interaktif lho.

Beri Komentar